6.383 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah Hari Ini

Rabu, 24 Mei 2023 - 10:53 WIB
loading...
6.383 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah Hari Ini
Penyambutan kedatangan jemaah haji kloter l di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA)di Madinah, Arab Saudi, Rabu (24/5/2023). FOTO/SINDOnews/SUCIPTO
A A A
JAKARTA - Sebanyak 6.384 jemaah haji Indonesia dijadwalkan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi, Rabu (24/5/2023) hari ini. Mereka berasal dari delapan embarkasi.

Adapun delapan embarkasi tersebut meliputi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB).

"Bismillah, insyaAllah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi siap menyambut kedatangan jemaah Indonesia dan siap memberikan pelayanan kepada para dhuyufurrahman," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid di Madinah, Rabu (24/5/2023).



Menurut Subhan, Kloter pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede atau JKG 01 akan tiba perdana di Madinah pada pukul 06:20 waktu Arab Saudi (WAS). Kemudian disusul dengan jemaah haji dari embarkasi SOC 01 pada pukul 09:15 WAS, selanjutnya UPG 01 pukul 10:20 WAS, dan BTJ 01 pukul 11:20 WAS.

"Ada delapan hingga 10 bus yang disiapkan untuk mengantar setiap kloter yang tiba di Madinah, disesuaikan dengan jumlah rombongan. Satu rombongan antara 40 hingga 45 jemaah," ujarnya.

Para jemaah akan tinggal sekitar sembilan hari di Madinah. Mereka akan menempati sejumlah hotel di sekitar Masjid Nabawi yakni Hotel Grand Plaza Badr Al-Maqam dan Al-Madinah Concorde di Sektor 1, serta Abraj Taba Company di Sektor 2.



"Mereka selanjutnya menjalani ibadah Arbain, yaitu, salat berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi. Selama di Madinah, mereka juga akan mendapat layanan katering, tiga kali makan sehari," katanya.

Seperti diberitakan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi melepas keberangkatan 388 jemaah haji yang masuk dalam kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Turut hadir perwakilan kementerian/lembaga terkait, Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzili, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief.

"Tahun depan kita usahakan fast track tidak hanya di sini melainkan di beberapa tempat, terutama di provinsi yang jemaahnya banyak. Kami mohon doa bapak/ibu semua," kata Menag Yaqut.

Kondisi di Arab Saudi, lanjut Menag, berbeda dengan di Indonesia. Di sana, cuacanya jauh lebih panas, sehingga seluruh jemaah harus dapat menyesuaikan diri. Pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah.

"Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan juga para petugas yang akan memberikan pelayanan, pelindungan, dan pembinaan kepada jemaah," pesan Menag.

Tahun ini, jemaah haji lanjut usia (lansia) jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah, termasuk para lanjut usia.

Menag minta para petugas lebih ramah dan peduli kepada jemaah lansia. Seluruh jemaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)