Begini Alur Kedatangan Jemaah Haji Indonesia dari Imigrasi sampai Ibadah Arbain

Rabu, 24 Mei 2023 - 15:19 WIB
loading...
Begini Alur Kedatangan Jemaah Haji Indonesia dari Imigrasi sampai Ibadah Arbain
Jemaah haji kloter pertama akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis, pada Rabu (24/5/2023) pukul 06.20 waktu Arab Saudi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jemaah haji kloter pertama akan tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, pada Rabu (24/5/2023) pukul 06.20 waktu Arab Saudi. Kloter pertama yang berangkat berasal dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01). Keberangkatan mereka dilepas langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kepala Daerah Kerja Bandara Haryanto menjelaskan, saat mendarat di bandara, jemaah haji akan dikelompokan dalam dua kategori, fast track dan biasa. Fast track adalah layanan untuk jemaah yang terbang dari bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dimana jemaah fast track ini tidak perlu melakukan pemeriksaan imigrasi di Arab Saudi. Mereka bisa langsung menuju ke bus yang sudah disediakan. Layanan fast track ini berasa di lantai bawah bandara dan terhubung langsung dengan bus.



Sedangkan jemaah dari embarkasi lain melewati prosedur pemeriksaan imigrasi. Bedanya mereka bisa saja ke luar dari terminal yang berbeda. Terminal zero, internasional dan haji. Bedanya, jemaah pintu zero tidak akan transit di paviliun keong. Mereka langsung ke terminal bus. Penentuan ke luar dari terminal zero dari pihak bandara melihat kepadatan di terminal haji dan internasional.

Jemaah yang dari terminal internasional dan haji begitu ke luar dari proses imigrasi akan diarahkan transit di paviliun keong. Tujuannya mereka mendapatkan waktu istirahat sejenak setelah melakukan antre. Jarak paviliun keong dengan pintu keluar terminal haji paling jauh 500 meter.

Setiba di hotel akan dilakukan pembagian kamar dan kunci. "Beres semua, Jemaah biasanya sudah melakukan ibadah arbain saat ashar," kata Kasie Media Center Haji PPIH Bandara Husni Anggoro.

Alur Jemaah Haji

1. Mendarat di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah.

2. Jemaah biasa melakukan proses pemeriksaan imigrasi. Jemaah jalur fast track langsung menuju pintu ke luar terminal bis.

3. Jemaah jalur biasa kemudian menuju pintu ke luar terminal haji, internasional atau zero.

4. Jemaah terminal internasional dan haji menuju paviliun keong menunggu penjemputan. Jemaah terminal zero menuju pintu terminal bis.

5. Tiba di hotel, jemaah menerima kunci dan pembagian kamar.

6. Jemaah mulai melakukan ibadah Arbain.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)