Kondisi Terkini Tempat Salat Nabi Muhammad SAW saat Haji Perpisahan

Jum'at, 26 Mei 2023 - 09:42 WIB
loading...
Kondisi Terkini Tempat Salat Nabi Muhammad SAW saat Haji Perpisahan
Masjid Al-Mashar Al-Haram dapat dengan mudah menampung lebih dari 12.000 jamaah sekaligus. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Tempat salat Nabi Muhammad SAW saat Haji Wada atau Haji Perpisahan kini sudah menjadi sebuah masjid . Namanya Masjid Al-Mashar Al-Haram, Monumen suci ini terletak di Muzdalifah , Makkah, Arab Saudi.

Di sinilah para jemaah haji menginap selama satu malam setelah kembali dari Arafah . Masjid Al-Mashar Al-Haram dibangun di tempat di mana Nabi Muhammad (SAW) salat selama Haji Perpisahan.

Masjid ini terletak di antara Masjid Al Namirah di Arafah dan Masjid al-Khayf di Mina. Jemaah harus salat berjamaah Maghrib dan Isya di Masjid Al-Mashar Al-Haram sebagai masjid suci yang menandai tempat Nabi Muhammad (SAW) berdoa selama haji wada.



Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, “Maka apabila kamu bertolak dari Arafah, berzikirlah kepada Allah di Masy’arilharam. Dan berzikirlah kepada-Nya sebagaimana Dia telah memberi petunjuk kepadamu, sekalipun sebelumnya kamu benar-benar termasuk orang yang tidak tahu. ( QS Al-Baqarah : 198)

Di tempat lain, diriwayatkan juga bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Meskipun saya tinggal di sini, Anda boleh tinggal di mana saja di seluruh Muzdalifah.” (HR Muslim)

Salah satu sahabat Nabi Muhammad (SAW), Salim, melaporkan bahwa, Abdullah bin `Umar ra biasa mengirim yang lemah di antara keluarganya lebih awal ke Mina. Maka mereka biasa berangkat dari Al-Mashar Al-Haram (yaitu Al-Muzdalifa) pada malam hari (saat bulan telah terbenam) dan memohon kepada Allah SWT sebanyak yang mereka bisa, dan kemudian mereka akan kembali (ke Mina) sebelum matahari terbit. Imam berangkat dari Al-Muzdalifa ke Mina. Maka sebagian dari mereka akan sampai di Mina pada waktu salat Subuh, dan sebagian lagi akan datang belakangan. Ketika mereka sampai di Mina, mereka akan melempar kerikil ke Jamra (Jamrat-Al-Aqaba) Ibnu Umar biasa berkata, 'Rasul Allah SWT (SAW) memberikan izin kepada mereka (orang yang lemah) untuk melakukannya.'” (Sahih al-Bukhari 1676)

Masjid Al-Mashar Al-Haram meliputi tanah dengan panjang 90 meter (dari timur ke barat) dan lebar 56 meter. Diyakini bahwa Masjid Al-Mashar Al-Haram dapat dengan mudah menampung lebih dari 12.000 jamaah sekaligus.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)