13 Sunnah Wudu, Nomor Terakhir Pahalanya Dibukakan 8 Pintu Surga

Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:40 WIB
loading...
13 Sunnah Wudu, Nomor Terakhir Pahalanya Dibukakan 8 Pintu Surga
Selain mengetahui 6 rukun (fardhu) wudu, umat muslim perlu mengetahui sunnah-sunnah saat berwudu. Foto ilustrasi/dok Akhbarak
A A A
Berwudu adalah syarat sahnya ibadah seperti sholat atau melakukan thawaf Haji dan umrah. Mempelajari fiqih wudhu hukumnya wajib bagi setiap muslim.

Perintah wudu dan rukunnya dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." (QS Al- Maidah ayat 6)

Selain mengetahui 6 rukun (fardhu) wudu, umat muslim perlu mengetahui sunnah-sunnah berwudu. Setidaknya ada 13 sunnah wudhu sebagaimana dijelaskan dalam Hadis-hadis Nabi.

Berikut 13 sunnah-sunnah wudu dinukil dari Kitab Safinatun Najah karya ulama besar Syaikh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al hadhrami:

1. Memakai Siwak atau Menggosok Gigi
Salah satu sunnah wudhu yang dianjurkan dalam syariat adalah bersiwak (menggosok gigi) sebelum berwudhu. Rasulullah SAW bersabda: "Seandainya aku tidak khawatir akan memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali akan shalat." (HR Al-Bukhari Muslim)

2. Membaca Bismillah
Membaca kalimat Basmalah dimulai dari pertama mencuci kedua telapak tangan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Berwudhulah kamu dengan bismillah (dengan menyebut nama Allah)." (HR Al-Baihaqi dengan isnad jayyid)

3. Mencuci Kedua Telapak Tangan
Sayyidina Ustman dan Ali radhiallahu 'anhuma menyifatkan wudhu Rasulullah SAW bahwa beliau mencuci tangan tiga kali. (HR Al-Bukhari Muslim)

4. Berkumur-kumur Tiga Kali
Rasulullah SAW bersabda: "Jika engkau ingin berwudhu, maka berkumur-kumurlah." (HR Abu Daud)

5. Memasukkan Air ke Hidung dan Mengeluarkannya (Istinsyaq)
Dari Amr bin Abasah, Rasulullah SAW: "Tidaklah seorang di antara kalian mendekati air wudhunya, lalu dia berkumur, memasukkan air ke dalam hidung dan membuangnya, kecuali keluar dosa-dosanya dari rongga hidungnya bersama sama air." (HR Muslim)

6. Mengusap Seluruh Kepala dari Depan ke Belakang
Wudhu Rasulullah SAW disifatkan Abdullah bin Zeid: "Maka beliau mengusap kepalanya dengan kedua tanganya dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan." (HR Al-Bukhari Muslim)

7. Mengusap Kedua Telinga Luar dan Dalam dengan Air Baru
Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya beliau mengusap kepalanya dan kedua telinganya luar dan dalam lalu memasukkan kedua jari telunjuknya kedalam lubang-lubang telinganya." (HR Abu Dawud dan An-Nasai')

8. Membasuh Jenggot dan Menyela-nyelanya
Sunnah berikutnya adalah membasuh jenggot dengan air wudhu dan menyela-nyela jenggot dengan jari jari tangan. Hal ini sesuai yang dilakukan Rasulullah SAW ketika berwudhu: "Beliau membasuh jenggotnya (dengan jari jari tangan)." (HR at-Tirmidzi)

9. Mecuci Sela-sel Jari Tangan dan Kaki
Rasulullah SAW bersabda kepada Al-Qaith bin Shabrah: "Sempurnahkanlah wudhu dan cucilah sela-sela jari-jari." (HR Abu Dawud dan at-Tirmidzi dengan isnad shahih)

10. Mendahulukan yang Kanan Sebelum Kiri
Ada sebuah hadis yang diriwayatkan Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata: "Sesungguhnya Rasulullah SAW menyukai yang kanan dalam segala urusanya, dalam berwudhu, dalam berjalan dan dalam memakai sandalnya." (HR Al-Bukhari Muslim)

11. Membasuh dan Mengusap Semua Anggota Wudhu Tiga Kali
Sesuai hadis yang diriwayatkan dari Ustman bin Affan ra, ia berkata: "Sesungguhnya Rasulullah SAW berwudhu tiga kali-tiga kali." (HR Muslim)

12. Melebihkan Basuhan ke Anggota Wudhu
Disunnahkan melebihkan basuhan ketika mengusap kepala. Begitu pula kedua tangan sampai ke atas siku dan kaki sampai di atas mata kaki. Rasulallah SAW berwasiat kepada umatnya: "Akan datang umatku mereka memiliki cahaya putih di muka, cahaya putih di tangan dan cahaya putih di kaki pada hari kiamat karena penyempurnaan wudhu. Maka barang siapa di antara kalian yang mampu, hendaklah ia memanjangkan cahaya putih tersebut." (HR Al-Bukhari Muslim)

13. Membaca Doa Setelah Selesai Wudhu
Berikut doa yang Dianjurkan ketika selesai berwudhu:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya: "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci. Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepadaMu."

Keutamaan Doa Wudhu
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berwudhu lalu berkata: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ (Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya), maka dibukakan baginya delapan pintu surga dan masuk ke dalam pintu yang ia sukai." (HR Muslim)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6002 seconds (0.1#10.140)