Tempati Hotel Dekat Masjid Nabawi, Ini Fasilitas Penginapan Jemaah Haji Indonesia

Jum'at, 26 Mei 2023 - 20:51 WIB
loading...
Tempati Hotel Dekat Masjid Nabawi, Ini Fasilitas Penginapan Jemaah Haji Indonesia
Ribuan jemaah haji Indonesia terus berdatangan ke Arab Saudi untuk menjalani ibadah haji 1444 H/2023M. Mereka menempati sejumlah hotel di sekitar Markaziyah atau Kompleks Masjid Nabawi, Madinah. Foto/SINDOnews
A A A
MADINAH - Ribuan jemaah haji Indonesia terus berdatangan ke Arab Saudi untuk menjalani ibadah haji 1444 H/2023M . Mereka menempati sejumlah hotel di sekitar Markaziyah atau Kompleks Masjid Nabawi, Madinah.

Hotel yang ditempati jemaah haji Indonesia di Madinah tersebar di lima sektor. Di antaranya Hotel Safwat Al Madinah, Artal International Hotel, Grand Plaza Madinah, Grand Plaza Badr Al Maqam, Madinah Concorde. Hotel-hotel tersebut berada di Sektor I.





Ada juga jemaah yang menginap di Hotel Abraj Taba, Royal Madinah, dan Durrat Al Madinah di Sektor II. Sedangkan di Sektor III, hotel tempat jemaah haji menginap di antaranya, Hotel Karam Al Khair, Hotel Waqt, Diyar Al Salam, Az Zahra Hotel, dan sebagainya.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin menyebut secara keseluruhan jumlah hotel yang akan digunakan untuk menampung seluruh jemaah haji Indonesia pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sebanyak 96 hotel.

"Total kita sudah kita siapkan 96 hotel di Madinah yang tersebar pada lima sektor untuk menampung seluruh jemaah haji gelombang I dan II," ucapnya, Jumat (27/5/2023).

Menurut dia, jarak antara penginapan jemaah dengan pelataran Masjid Nabawi sekitar 200-300 meter atau tidak sampai satu kilometer. "Hotel berada di sekitar Markaziah atau pusat Nabawi. Rata-rata hotel yang kita sewa di atas bintang 3," jelasnya.

Hotel Grand Plaza Madinah misalnya, hotel yang berada persis di seberang Masjid Nabawi ini memiliki 1.079 kamar. Hotel ini menyiapkan kursi roda untuk jemaah haji lanjut usia (lansia).

Bahkan untuk memudahkan mobilitas jemaah haji lansia, hotel juga memprioritaskan lift untuk jemaah lansia naik turun. Tidak hanya itu, setiap kamar juga dilengkapi dengan dua hingga lima tempat tidur tergantung pada ukuran kamar. Kemudian, lemari pendingin atau kulkas, televisi, dan peralatan lainnya sesuai dengan standar pelayanan hotel.

Menariknya, hampir di setiap lantai hotel ini terdapat lebih dari satu dispenser. Hal itu untuk memudahkan jemaah minum air agar tidak mengalami dehidrasi mengingat cuaca di Arab Saudi saat ini cukup panas.

Hal yang sama juga terlihat di Hotel Safwat Al Madinah dan Hotel Abraj Taba. Hotel-hotel ini juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk jemaah haji khususnya lansis seperti, kursi roda, dispenser, dan sebagainya. Bedanya, Hotel Abraj Taba memiliki kamar cukup banyak yakni 1.473 kamar karena akan ditempati oleh jemaah dari empat kloter.

"Ini adalah hotel yang akan digunakan jemaah haji kita di Madinah. Hotel hanya berjarak sekitar 100 meter dari Masjid Nabawi," ujar Kasi Akomodasi Daker Madinah Ali Machzumi, Selasa 27 Mei 2023.

Selama menginap, para jemaah haji juga mendapat pasokan makanan tiga kali sehari sesuai dengan cita rasa Indonesia.



Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga saat ini sudah 13.407 jemaah haji Indonesia dari 34 kloter telah tiba di Madinah. Mereka tersebar di berbagai penginapan di sekitar Masjid Nabawi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)