Mbah Harun Diiringi Lantunan Talbiyah saat Menuju Penginapan: Saya Bahagia Sudah Sampai Madinah

Jum'at, 26 Mei 2023 - 20:24 WIB
loading...
Mbah Harun Diiringi Lantunan Talbiyah saat Menuju Penginapan: Saya Bahagia Sudah Sampai Madinah
Jemaah haji tertua Indonesia, Mbah Harun bin Senar, tiba di Madinah pagi tadi sekitar pukul 01.10 WIB. Kedatangan Mbah Harun langsung disambut petugas PPIH. Foto/MCH
A A A
MADINAH - Jemaah haji tertua Indonesia, Mbah Harun bin Senar, tiba di Madinah pagi tadi sekitar pukul 01.10 WIB. Kedatangan Mbah Harun langsung disambut petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Setibanya di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Mbah Harun langsung dibawa menuju bus dengan menggunakan kursi roda.

Bus selanjutnya mengantarkannya ke tempat penginapan di Jawar Taiba Hotel. Duduk di kursi bus nomor 10, Mbah Harun terlihat bahagia. Hal itu terlihat dari ekspresi yang terpancar dari wajahnya. Sebelum bus bergerak menuju Jawar Taiba Hotel, Madinah, lantunan Talbiyah mulai menggema di bus. "Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik."



Tampak bibir Mbah Harun bergerak mengikuti lantunan Talbiyah yang dibacakan bersama-sama dengan jemaah haji lainnya. "Saya bahagia sudah sampai ke Madinah," ucap Mbah Harun, Jumat (26/5/2023).

Mbah Harun tercatat sebagai jemaah haji tertua Indonesia karena usianya yang mencapai 119 tahun. Pria asal Pamekasan, Madura tersebut berangkat ke Tanah Suci seorang diri karena istrinya telah meninggal dunia.



Mbah Harun mendaftar haji pada tahun 2017. Ia mendaftar haji bermodalkan hasil menjual tanah di dekat tempat tinggalnya. Daftar di tahun tersebut, Mbah Harun seharusnya baru dapat berangkat pada 2046. Namun, ia mendapatkan kuota prioritas lansia sehingga bisa menunaikan haji pada tahun 2023 ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)