Niat Wudu dan Doa Setelah Berwudu Lengkap Arab dan Latin

Sabtu, 27 Mei 2023 - 14:09 WIB
loading...
Niat Wudu dan Doa Setelah Berwudu Lengkap Arab dan Latin
Selain berniat, kita juga dianjurkan berdoa setelah berwudu sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Foto/dok kamikamu
A A A
Niat ketika wudu merupakan salah satu rukun yang wajib dipenuhi seorang muslim. Setiap hendak beribadah, kita diharuskan memulai dengan niat, begitu pula wudhu harus dimulai dengan niat.

Selain berniat, kita juga dianjurkan berdoa setelah berwudu sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mengenai niat ini, Al-Mawardi mendifinisikan niat dengan qasdu syai'in muqtarinan bifi'lihi.

Yaitu menyengaja sesuatu berbarengan dengan pelaksanaannya. Karena itu berniat saat wudhu harus dibarengkan dengan ketika membasuh muka. Karena membasuh muka merupakan hal pertama yang dilakukan dalam berwudhu.

Seperti halnya niat sholat dalam Mazhab Syafi'i berbarengan dengan pengucapan takbiratul ihram (Allahu Akbar).

Berikut bacaan Niat Wudu:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof'il hadatsii ashghori fardhon lillaahi Ta'aala.

Artinya: "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu (wajib) karena Allah ta'ala."

Doa Setelah Wudu

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Asy-hadu alla ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalah, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rosuluh. Allohummaj'alnii minattawwaabiina waj'alnii minal mutathohhiriin. Subhanakallohumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaaha illa Anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci. Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepadaMu."

Keutamaan Doa Wudhu
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berwudhu lalu berkata: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ (Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya), maka dibukakan baginya delapan pintu surga dan masuk ke dalam pintu yang ia sukai." (HR Muslim)

Riwayat lain: "Barang siapa bewudhu dan setelah selesai dari wudhunya ia berkata:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

"Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci", maka dibukakan baginya pintu pintu surga dan masuk ke dalam pintu yang ia sukai." (HR at-Tirmidzi, al-Bazzar dan at-Thabrani)

Dalam Hadis lainnya, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berwudhu lalu berdoa:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Artinya: "Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu." Maka akan dicatat baginya di kertas dan dicetak sehingga tidak akan rusak hingga hari Kiamat. (HR an-Nasai, al-Hakim dalam Al-Mustadrak)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)