PKP3JH: Jemaah Haji Harus Tahu Pintu Terdekat Masjid Nabawi ke Hotel agar Tak Tersesat

Minggu, 28 Mei 2023 - 05:32 WIB
loading...
PKP3JH: Jemaah Haji Harus Tahu Pintu Terdekat Masjid Nabawi ke Hotel agar Tak Tersesat
Penampakan Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (27/5/2023). Banyak jemaah haji Indonesia yang tersasar usai beribadah di Masjid Nabawi. FOTO/SINDOnews/SUCIPTO
A A A
MADINAH - Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (PKP3JH) mengimbau jemaah haji punya informasi mengenai pintu terdekat Masjid Nabawi dengan penginapan. Hal itu untuk mencegah jemaah tersesat usai melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi.

Ketua Pelaksana PKP3JH Sektor Khusus Masjid Nabawi Daker Madinah Yurongki Donana mengatakan, banyak jemaah haji Indonesia yang tersesat di Masjid Nabawi, Madinah. Hal ini disebabkan antusiasme yang tinggi jemaah yang baru tiba di Madinah.

"Tiba di penginapan mereka langsung keluar melaksanakan ibadah arbain yakni salat wajib 40 waktu sehingga jamaah masuk ke pintu Masjid Nabawi tanpa menentukan rencana pintu yang dituju, namun ketika keluar kebingungan lewat pintu apa hingga akhirnya tersesat," ujarnya, Minggu (28/5/2023).





Yurongki menyebut, penginapan jemaah haji di Madinah tersebar di lima sektor. Setiap sektor bervariasi dari paling sedikit yaitu sembilan hotel dan terbanyak 25 hotel. Sedangkan Masjid Nabawi memiliki sekitar 40 pintu.

"Jemaah yang kami temukan mayoritas tersesat rata-rata lupa atau tidak tahu mesti keluar lewat pintu mana. Sering pula jamaah yang percaya diri membawa kartu hotel namun tidak dilengkapi jalur tercepat pintu yang direkomendasikan," katanya.

Dia menyarankan, pengelola hotel yang memberikan kartu identitas hotel sebaiknya mencantumkan keterangan pintu terdekat ke Masjid Nabawi. "Langkah tersebut sebagai upaya mencegah jemaah tersesat dan sumber informasi awal rute terbaik kepulangan jemaah,” pungkasnya.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)