Calhaj Indonesia yang Meninggal Dunia di Arab Saudi Bertambah Jadi 4 Orang

Minggu, 28 Mei 2023 - 23:57 WIB
loading...
Calhaj Indonesia yang Meninggal Dunia di Arab Saudi Bertambah Jadi 4 Orang
Jumlah calhaj Indonesia yang meninggal dunia di Arab Saudi hingga saat ini sebanyak empat orang. Para calhaj yang wafat dimakamkan di Pemakaman Baqi. Foto/MPI/Dok
A A A
MADINAH - Jumlah calon jemaah haji (calhaj) Indonesia yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah. Hingga saat ini total calon jemaah haji yang meninggal dunia sebanyak empat orang.

Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) merilis data terbaru calon jemaah haji yang meninggal dunia. Ada dua calon jemaah haji yang wafat pada hari ini. Keduanya merupakan warga Jawa Timur.

"Untuk hari ini ada dua jemaah haji yang meninggal dunia. Keduanya adalah Lengen Delem Dussalam (91), asal Madura dan Ibnu Sahid Bin Dasir (64), asal Madiun," ungkap Kasi Layanan Penghubung Kesehatan Daker Madinah dr Desnita, Minggu (28/5/2023).

Lengen Delem Dussalam merupakan calon jemaah haji Embarkasi Surabaya (SUB) 001. Dia tercatat sebagai warga Bangkalan, Madura. Almarhum meninggal dunia di Klinik Kesehatan Haji Indonesiq (KKHI) Madinah.

"Hasil diagnosisnya almarhum menninggal dunia akibat septic shock yakni, adanya infeksi di dalam tubuh," katanya.

Baca: Sesak Napas saat Tiba di Madinah, Jemaah Haji Indonesia Asal Gresik Wafat

Sedangkan, Ibnu Sahid Bin Dasir meninggal dunia di KKHI Madinah. Hasil diagnosisnya, almarhum meninggal karena menderita penyakit jantung.

"Total sampai saat ini sudah empat calon jemaah haji kita yang meninggal dunia. Kategori lansia satu orang sedangkan sisanya belum masuk kategori lansia. Penyebabnya sebagian besar karena sakit jantung dan penyakit bawaan diabetes," ujarnya.

Sebelumnya, calon jemaah haji bernama Achmad Suhandak Riduwan (53), yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 9 Embarkasi Surabaya (SUB-09) meninggal dunia sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMMA), Madinah pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Pria asal Gresik, Jawa Timur ini sempat mendapatkan perawatan medis di Klinik Bandara. Namun saat dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) almarhum mengembuskan napas terakhirnya. Jenazah Achmad Suhandak Riduwan dimakamkan di Baqi.

Sehari sebelumnya, Suprapto yang tergabung dalam Kloter 3 Embarkasi Solo (SOC) 03 meninggal dunia pada Rabu 24 Mei 2023. Suprapto tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada pukul 20.40 waktu Arab Saudi (WAS).

Namun belum sehari berada di Madinah, Suprapto yang sempat menginap di Hotel Abraj Taba Company, Madinah mengembuskan napasnya pada pukul 04.00 WAS akibat serangan jantung.

(hab)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)