Cara Tayamum di Pesawat untuk Jamaah Haji 2023 Selama Perjalanan

Selasa, 30 Mei 2023 - 15:22 WIB
loading...
Cara Tayamum di Pesawat untuk Jamaah Haji 2023 Selama Perjalanan
Cara tayamum di dalam pesawat. Foto ilustrasi/NU Online/tangkapan layar Youtube PDM Jogja
A A A
Cara tayamum di pesawat bisa dilakukan oleh jamaah Haji 2023 Indonesia yang berada dalam perjalanan. Tayamum bisa menjadi alternatif jika persediaan air tidak mencukupi.

Adapaun dalil tayamum dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagaiman firman-Nya:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْتُمْ سُكٰرٰى حَتّٰى تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِيْ سَبِيْلٍ حَتّٰى تَغْتَسِلُوْا ۗوَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوْرًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, janganlah mendekati shalat, sedangkan kamu dalam keadaan mabuk sampai kamu sadar akan apa yang kamu ucapkan dan jangan (pula menghampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub, kecuali sekadar berlalu (saja) sehingga kamu mandi (junub). Jika kamu sakit, sedang dalam perjalanan, salah seorang di antara kamu kembali dari tempat buang air, atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapati air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci). Usaplah wajah dan tanganmu (dengan debu itu). Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS Al-Nisa Ayat 43)

Cara Tayamum di Pesawat
Untuk melakukan tayamum di pesawat terbang, berikut panduan umum yang bisa diikuti:

1. Pastikan Anda memiliki niat yang ikhlas untuk melakukan tayamum sebagai pengganti wudhu atau mandi. Bagi Mazhab Syafi'i boleh melafazkan niat untuk mengusir rasa waswas, akan tetapi amal niat tetap dalam hati.

2. Cari tempat yang bersih dan kering di dalam pesawat, seperti meja lipat atau kursi yang tidak digunakan. Jika tidak ada tempat yang memungkinkan, Anda bisa menggunakan bagian luar kerudung atau baju lengan atas sebagai alas untuk melakukan tayamum.

3. Tepuk dua kali atau guncangkan kedua telapak tangan Anda ke permukaan yang bersih dan kering tersebut.

4. Usapkan tangan yang sudah ke wajah. Letakkan tangan pada wajah dan usap secara perlahan dari dahi hingga ke bawah dagu. Pastikan seluruh wajah terusap dengan tangan yang sudah diguncangkan tadi.

5. Ulangi langkah 3 untuk tangan yang kedua. Tepuk dua kali atau guncangkan tangan Anda ke dalam permukaan yang bersih dan kering, lalu usap tangan tersebut ke lengan atas hingga siku.

Dalam situasi yang sulit atau tidak memungkinkan untuk melakukan tayamum di pesawat terbang, Anda dapat menggantinya dengan tayamum setelah Anda tiba di tujuan dan menemukan tempat yang sesuai untuk melakukannya.

Penting untuk diingat bahwa jika Anda memiliki kemampuan fisik dan akses ke air bersih, Anda disarankan untuk melakukan wudhu atau mandi yang lengkap sesuai dengan ajaran Islam.

Niat Tayamum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaitut Tayammuma Listibaahatish Sholaati Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah Ta'ala."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)