4 Inovasi Layanan Baru di Arafah dan Mina Manjakan Jemaah Haji Indonesia

Rabu, 31 Mei 2023 - 21:17 WIB
loading...
4 Inovasi Layanan Baru di Arafah dan Mina Manjakan Jemaah Haji Indonesia
Lantai tenda jemaah haji Indonesia di Arafah dilapisi pasir halus. Setelah itu, akan digelar karpet dan busa kemudian dipadukan dengan AC. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M meluncurkan 4 inovasi layanan baru di Arafah dan Mina untuk memanjakan jemaah haji Indonesia. Dengan begitu, jemaah dapat nyaman dan khusyuk dalam menjalankan ibadah.

Wakil Ketua PPIH Arab Saudi 1444 H Nasrullah Jasam mengatakan, pertama, penambahan toilet di Arafah. Rasio kamar mandi di Arafah lebih baik dari tahun sebelumnya.



"Selama ini, rasio toilet di Arafah adalah 1:150. Tahun ini kita upayakan penambahan toilet sehingga rasionya menjadi 1:50. Kita masih memantau proses penyediaan yang dilakukan masyariq atau perusahan penyedia layanan," ujarnya saat malam Ta'aruf PPIH Daker Makkah di Jarwal, Selasa (30/5/2023).

Inovasi kedua, lantai tenda jemaah haji Indonesia di Arafah dilapisi pasir halus. Hamparan pasir halus dipadatkan dengan alat berat. Setelah itu, akan digelar karpet dan busa.

"Dipadu dengan AC, lantai beralas pasir halus diharapkan menjadikan suhu menjadi lebih dingin," kata Nasrullah.
4 Inovasi Layanan Baru di Arafah dan Mina Manjakan Jemaah Haji Indonesia

Penambahan toilet di Arafah. Foto: SINDOnews/Sucipto

Inovasi ketiga, instalasi listrik yang tidak lagi mengandalkan generator. Sebelumnya, listrik Arafah menggunakan generator sehingga dayanya kurang stabil.

"Tahun ini sudah sepenuhnya instalasi sehingga daya listrik lebih tinggi. Ini diharapkan menjadikan AC lebih dingin. Support listrik untuk alat kesehatan juga lebih optimal," ucapnya.

Khusus di Mina, inovasi tahun ini adalah lantai tenda yang sudah menggunakan keramik. Sebelumnya, lantai tenda di Mina menggunakan batako.

"Sekarang sudah berkeramik. Lebih rata. Diharapkan lebih nyaman untuk ditempati setelah digelar karpet dan busa. Kita selalu berkomunikasi dengan Saudi untuk kelancaran operasional haji 1444 H," ujar Nasrullah.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)