Bacaan Doa Wukuf di Arafah untuk Jemaah Haji 2023

Rabu, 31 Mei 2023 - 12:06 WIB
loading...
Bacaan Doa Wukuf di Arafah untuk Jemaah Haji 2023
Ketika wukuf di Arafah, setiap jamaah haji dianjurkan berdoa khusus dengan bacaan doa wukuf. Foto istimewa
A A A
Bacaan doa wukuf di Arafah menjadi informasi penting yang perlu diketahui jemaah haji. Haji merupakan rukun Islam yang ke-5. Jenis ibadah tersebut ditunaikan bagi umat muslim yang mampu. Dalam hal ini, mampu yang dimaksud adalah secara fisik maupun materi.

Pada prosesnya pelaksanaan ibadah haji, salah satu istilah yang sering muncul adalah rukun haji . Dari sejumlah poin rukun haji, salah satu di antaranya adalah Wukuf di Arafah .

Apa Itu Wukuf?

Pada pengertiannya, wukuf bisa diartikan dengan aktivitas berdiam diri sejenak di Arafah. Waktu pelaksanaannya sendiri dilakukan saat tergelincirnya matahari tanggal 9 Dzulhijjah sampai subuh 10 Dzulhijjah.

Tak sekadar berdiam diri, selama wukuf di Arafah ini jemaah haji sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa serta berzikir kepada Allah SWT. Pada kesempatan yang baik ini, hendaknya jemaah mengulang-ulang doanya.

Lebih lanjut, wukuf di Arafah ini adalah puncak rangkaian ibadah haji. Bahkan, dalam sebuah hadis disebutkan bahwa “al hajju ‘arafah” yang artinya “Haji adalah Wukuf di Arafah”.

Doa Wukuf di Arafah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jamaah haji sangat dianjurkan banyak berdoa dan berdzikir ketika wukuf di Arafah.

Imam Tirmidzi dalam kitabnya Sunan Attirmidzi meriwayatkan sebuah hadis terkait doa yang paling banyak dibaca Nabi Saw ketika wukuf di Arafah. Dari Sayidina Ali, dia pernah berkata:

أَكْثَرُ مَا دَعَا بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشِيَّةَ عَرَفَةَ فِي الْمَوْقِفِ : ” اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِي نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ ، اللَّهُمَّ لَكَ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَآبِي وَلَكَ رَبِّ تُرَاثِي ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأَمْرِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيحُ


“Kalimat doa paling banyak yang dibaca Nabi SAW ketika wukuf di Arafah adalah Allahumma lakal hamdu kalladzi naqulu wa khairom mimma naqulu, allahumma sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati wa ilaika ma-abi wa laka rabbi turatsi, allahumma inni a’uzu bika min ‘azabil qobri wa waswasatis shodri wa syatatil amri, allahumma inni a’uzu bika min syarrima taji-u bihir rihu.

Adapun arti dari doa tersebut adalah: “Ya Allah, bagiMu pujian seperti yang kami ucapkan, dan lebih baik dari apa yang kami ucapkan. Ya Allah, untukMu salatku, ibadah hajiku, untukMu kehidupanku dan kematianku dan kepadaMu kami akan kembali, untukMu kami tunjukkan ibadahku. Ya Allah, kami berlindung kepadaMu dari siksa neraka, dari hati yang ragu dan dari tercerai berainya urusan. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari yang terburuk yang didatangkan oleh angin.’”



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)