Tiba di Makkah, Jemaah Haji Indonesia Langsung Laksanakan Umrah di Masjidilharam

Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:50 WIB
loading...
Tiba di Makkah, Jemaah...
Seorang jemaah haji Indonesia dari Kloter JKG 1 bersyukur telah tiba di Makkah, Arab Saudi, Jumat (2/6/2023). FOTO/MCH
A A A
MAKKAH - Setelah menempuh perjalanan sekitar enam jam dari Madinah, jemaah haji Indonesia tiba di Makkah. Setelah beristirahat, jemaah langsung melakukan umrah wajib.

"Alhamdulillah Kloter JKG 1 telah tiba di Kota Makkah. Jemaah riil yang hadir sebanyak 390 jemaah, ketika datang di Madinah ada 393. Namun dua sedang perawatan di Madinah yang satu mendampingi jemaah yang sakit," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Kholilurahman, Jumat (2/6/2023).

Setelah jemaah istirahat sejenak di Hotel Burj Al Wahdah Al Mumtayiz, kata Kholilurahman, ketua dan perangkat kloter segera melaksanakan umrah perdana di Masjidilharam. "Menurut informasi ketua kloter jemaahnya sehat semua kuat. Katanya sudah minum madu," ucapnya.



Kholilurahman menyebut, sebanyak 108 hotel telah siap menerima kedatangan jemaah haji di Makkah. Termasuk transportasi bus sholawat untuk mengantarkan jemaah umrah perdana.

"Alhamdulillah setelah kami cek layanan konsumsinya untuk cita rasanya sudah sesuai dengan citra rasa masakan Indonesia dan juga terkait dengan gizi juga sudah terjamin," ujarnya.

Kholilurahman mengatakan, kedatangan jemaah haji ini bertepatan dengan hari Jumat. Biasanya jemaah datang ke Masjidilharam untuk salat Jumat.

"Konsultan ibadah dan ibadah daker telah melakukan rapat koordinasi bagaimana persiapan-persiapan mereka dalam rangka untuk mengantisipasi jangan sampai jemaah kelelahan, sehingga tidak bisa merasakan ibadah haji," ucapnya.



Menurut Kholilurahman, imbauan-imbauan itu akan disampaikan oleh pembimbing ibadah sektor kepada jemaah. "Kita menyarankan untuk gelombang pertama ini seandainya mereka tidak mampu melaksanakan ibadah salat di Masjidilharam, mereka bisa melaksanakan salat di masjid terdekat dengan hotel-hotel," ujarnya.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M Subhan Cholid mengatakan, ada lima kloter yang tiba di Makkah pada hari pertama kedatangan. Total ada 1.899 jemaah yang tersebar di lima kloter, yaitu masing-masing kloter pertama pada Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), Makassar (UPG 01), Aceh (BTJ 01), dan Medan (KNO 01).

Jemaah JKG 01 akan menempati Hotel Al-Wihdah Al-Mutamayyizah yang berada di wilayah Jarwal (sektor 9). Jemaah kloter SOC 01 menempati Hotel Jawharat Al Tawhied di Raudhah/Misfalah (Sektor 10). Sedang jemaah UPG 01 menempati Hotel Yaqup Al-Quqandi di wilayah Syisyah (sektor 3). Kedatangan disusul dua kloter berikutnya, BTJ 01 dan KNO 01, dan sama-sama akan menempati hotel di wilayah Jarwal.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)