Kemenag Siapkan 3 Layanan Sambut Ribuan Jemaah Haji Indonesia di Mekkah

Jum'at, 02 Juni 2023 - 17:42 WIB
loading...
Kemenag Siapkan 3 Layanan Sambut Ribuan Jemaah Haji Indonesia di Mekkah
Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan pihaknya telah menyiapkan tiga layanan untuk untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Mekkah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sebanyak 7.082 orang atau 46 kloter yang diberangkatkan ke Mekkah pada hari ini. Mereka diberangkatkan usai melaksanakan ibadah Arbain, dari Madinah menuju Mekkah pada 1 Juni 2023 lalu dan menjalani ibadah haji di Masjidil Haram.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan pihaknya telah menyiapkan tiga layanan untuk untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Mekkah.



"Setidaknya ada tiga hal yang sudah dipersiapkan panitia untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Mekkah," ujar Akhmad dalam keterangannya secara daring, Jumat (2/6/2023).

Pertama, menyiapkan 108 hotel minimal setara bintang tiga. Hotel ini tersebar pada lima wilayah di Makkah, yaitu Jarwal, Misfalah, Raudhah, Syisyah, dan Mahbas Jin.

"Kedua menyiapkan layanan konsumsi di Mekkah jamaah akan mendapat tiga kali makan sehari berupa makan pagi, siang, dan malam," katanya.

Ketiga untuk mempermudah giat jemaah selama di Mekkah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga menyiapkan angkutan bus Sholawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram.

"Pulang pergi selama 24 jam," ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (Siskohat) jemaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah 53.627 orang atau 139 kelompok terbang kloter. Untuk hari ini ada sebanyak 7.001 orang jemaah dan petugas yang masuk asrama haji.

Terkait jemaah sakit dan wafat, terdapat 93 jemaah sakit yang terdiri dari 33 jemaah yang dirawat inap dan 35 orang rawat jalan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Kemudian 25 jemaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).



"Kami mohon doa agar para tamu Allah senantiasa diberikan kekuatan kesehatan dan kelancaran dalam beribadah dan menjadi haji mabrur," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3174 seconds (0.1#10.140)