Kumpulan Artikel: Kota Mekkah

  • Mengapa Orang Kafir Dilarang Masuk ke Kota Makkah dan Madinah? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Sabtu, 25 November 2023 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, seluruh wilayah Kota Makkah sejatinya adalah Tanah Haram. Artinya, kaum kafir tidak boleh masuk kota ini. Selain itu, Non-muslim dilarang memasuki kota Makkah dan Madinah sampai batas tertentu.
  • Keistimewaan-Keistimewaan Kota Suci Makkah
    Dunia Islam
    Rabu, 14 Juni 2023 - 16:05 WIB
    Makkah sangat identik dengan keberadaan Kabah di wilayahnya. Sedangkan Madinah sangat identik dengan kediaman Rasulullah. Hal ini amatlah lumrah karena keberadaan dua simbol tersebut sangat mewakili identitas kedua kota suci tersebut.
  • Kemenag Siapkan 3 Layanan Sambut Ribuan Jemaah Haji Indonesia di Mekkah
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 17:42 WIB
    Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan pihaknya telah menyiapkan tiga layanan untuk untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Mekkah.
  • Hotel Jemaah Haji di Mekkah Ramah Lansia, Ada Pegangan Tangan hingga Tombol Darurat
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 17:20 WIB
    Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan hotel tempat menginap jemaah haji di Kota Mekkah Al-Mukarramah sangat ramah lanjut usia (lansia).
  • 1 Juni Jemaah Haji Indonesia Mulai Tiba di Mekkah
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 11:11 WIB
    Jemaah haji Indonesia dijadwalkan tiba di Mekkah Al-Mukarramah pada Kamis, 1 Juni 2023. Para jemaah akan memulai rangkaian ibadah haji 1444 H/2023 M.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Usai Diguyur Hujan Deras, Cuaca di Madinah dan Mekkah Terasa Sejuk
    Dunia Islam
    Senin, 29 Mei 2023 - 15:02 WIB
    Hujan deras disertai petir dan angin kencang kembali mengguyur Arab Saudi, pada Minggu (28/5/2023) malam. Kali ini hujan turun merata di dua kota suci, Mekkah dan Madinah.
  • Salat di Hotel Lebih Utama Bagi Jemaah Haji Lansia daripada Masjidil Haram, Ini Hukumnya
    Dunia Islam
    Senin, 29 Mei 2023 - 12:24 WIB
    Salat di Masjidil Haram merupakan impian setiap jemaah haji. Sebab salat di masjid tersebut setara dengan 100.000 kali salat di masjid biasa.
  • Catat! Ini Hotel Jemaah Haji Indonesia di Mekkah Berdasarkan Embarkasi
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 20:49 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan 108 hotel untuk jemaah haji Indonesia di Mekkah. Jemaah haji dijadwalkan mulai tiba di Mekkah pada 2 Juni 2023.
  • Doa Masuk Kota Makkah yang Dibaca Umat Islam
    Tips
    Rabu, 10 Mei 2023 - 18:10 WIB
    Berikut ini adalah doa ketika akan masuk Kota Makkah, ketika telah sampai ke kta Makkah, dan doa ketika berada melihat Kakbah yang sering dibaca oleh umat Islam.
  • Mengapa Islam Diturunkan di Makkah? Begini Jawaban Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Maret 2023 - 19:10 WIB
    Mengapa Islam diturunkah di Makkah, bukan di Indonesia misalnya. Lalu ada yang menjawab itu karena penduduk Mekah sangat bejat. Begini penjelasan al-Quran.
  • 3 Kelemahan Kristen, Titik Temu dengan Islam Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:37 WIB
    Untuk mengapresiasi dengan benar titik temu pertama antara Islam dan Kristen yang diperlukan bagi umat yang beragama Kristen adalah agar mereka sadar akan kelemahan Kristiani di periode zaman itu.
  • Gambaran Kristen Mekkah di Era Rasulullah SAW Menurut William Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Minggu, 25 Desember 2022 - 08:05 WIB
    Umat Kristen golongan Nestorian dan golongan Monofisit pada masa Nabi Muhammd SAW adalah kelompok kultural yang paling penting. Berikut penjelasan William Montgomery Watt.
  • Ini Mengapa Kaum Musyrikin Mekkah Memberi Gelar Ibn Abi Kabsyah kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 10 November 2022 - 17:42 WIB
    Begitu Rasulullah SAW menyebarkan agama Tauhid, kaum musyrik Mekkah banyak memberi gelar kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah Ibn Abi Kabsyah atau Putra Abu Kabsyah. Apa maksudnya?
  • Kisah Mualaf Jerman Wilfred Hoffman di Tanah Suci, Kembali ke Ibrahim
    Dunia Islam
    Rabu, 09 November 2022 - 05:15 WIB
    Pada hari selanjutnya, aku berharap bisa berada sendirian di Masjidil Haram ini, walaupun hanya sekali. Oleh karena itu, aku berusaha bangun pagi sekali, sekitar jam tiga pagi.
  • Imam Mahdi Keluar Ketika Terjadi Perebutan Harta di Kota Mekkah
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Imam Mahdi keluar ketika terjadi perebutan harta di kota Mekkah diisyaratkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW dari Tsauban ra. Di sebutkan Al-Mahdi akan keluar dari arah timur.
  • Doa Masuk Masjidil Haram Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Senin, 10 Oktober 2022 - 12:38 WIB
    Doa masuk Masjidil Haram ini perlu diketahui oleh setiap umat Islam yang hendak menunaikan ibadah haji atau umrah. Masjidil Haram sendiri merupakan tempat paling suci bagi umat Islam yang terletak di pusat Kota Makkah
  • Doa Ketika Masuk Kota Mekkah Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Senin, 10 Oktober 2022 - 10:30 WIB
    Doa ketika masuk Kota Mekkah Al-Mukarramah dianjurkan dibaca sebagai bentuk penghormatan terhadap Tanah Haram yang disucikan Allah Taala. Berikut doanya.
  • Begini Kondisi Terkini Rumah Tempat Nabi Muhammad SAW Dilahirkan
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 09:49 WIB
    Rasulullah SAW dilahirkan di rumah kakeknya yang bernama Abdul Muthalib. Sejak Wahabi berkuasa, rumah maulid itu dijadikan Maktabah Makkah al-Mukarramah.
  • Maulid Nabi: Kisah Pilu saat Bunda Aminah Wafat Sepulang Ziarah dari Madinah
    Hikmah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:35 WIB
    Kisah pilu yang dialami Sayyidina Muhammad pada usia 6 tahun itu, kala Bunda Aminah wafat sepulang ziarah ke makam Abdullah, suaminya, di Madinah.
  • Kisah Mistik Sultan Agung Taklukkan Mekkah
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 19:49 WIB
    Sultan Agung menaklukkan Mekkah? Ini hanyalah pencitraan saja, untuk memantapkan mandat keagamaannya. Selain itu, Sultan Agung juga menyandang gelar Susuhunan dan Sultan