Jemaah Haji Kuota Tambahan Diminta Segera Konfirmasi ke Bank untuk Pelunasan

Jum'at, 09 Juni 2023 - 09:59 WIB
loading...
Jemaah Haji Kuota Tambahan Diminta Segera Konfirmasi ke Bank untuk Pelunasan
Jemaah haji Indonesia yang masuk kuota tambahan diimbau untuk melakukan proses konfirmasi ke Bank Penerima Setoran (BPS) haji. Foto/Istimewa
A A A
MEKKAH - Jemaah haji Indonesia yang masuk kuota tambahan diimbau untuk melakukan proses konfirmasi ke Bank Penerima Setoran (BPS) haji. Hal itu untuk memastikan jemaah bisa melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2023.

"Seluruh jemaah haji yang masuk kuota tambahan segera melakukan proses konfirmasi datang ke BPS ibadah haji, BPS Bipih di masing-masing kota sesuai pendaftarannya, bisa online (ATM/m-banking)," ungkap Kasie Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag M. Henikam, Jumat (9/6/2023).

Menurut Henikam, jemaah kuota tambahan bisa melihat di website kemenag.go.id atau segera menghubungi kantor kantor wilayah (kanwil) Kementerian Agama setempat untuk memastikan dirinya berhak melakukan pelunasan.

"Untuk pelunasan di BPS Bipih dibuka mulai pukul 08.00-15.00 WIB sore. Bagi jemaah kuota cadangan segera konfirmasi pembayaran Bipih," ujarnya.

Baca: Menag Yaqut Pimpin Delegasi Amirul Hajj 1444 Hijriah

Siskohat akan mencatat secara elektronik mulai dari proses pemberangkatan jemaah, pemvisaan, pemberangkatan dari bandara di Tanah Air ke Jeddah, Makkah dan Bandara AMAA di Madinah hingga puncak haji, semua tercatat di siskohat.

"Terkait permasalahan visa, pastikan paspor untuk visa masih berlaku. Jika ada pergantian paspor segera melapor ke kanwil setempat. Jika ternyata paspor tidak berlaku maka akan bermasalah di Arab Saudi. pastikan data visa cocok sesuai paspor," ujarnya.

Henikam mengaku akan menyisir dokumen jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci sehingga tidak terjadi lagi kekeliruan nama di paspor dengan visa.

"Paspor, ketika jemaah mendarat di Arab Saudi, akan dipegang muassasah. Jadi tidak perlu khawatir, semua dokumen paspor tidak akan dibawa jemaah, disimpan di maktab," katanya.

Seperti diberitakan, pelunasan Bipih untuk kuota tambahan dibuka mulai Kamis, 8 Juni 2023. Hal itu menyusul keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Saiful Mujab mengatakan, Keputusan Presiden (Keppres) yang menjadi dasar dibukanya pelunasan kuota tambahan hari ini ditandatangani oleh Presiden.

Regulasi itu adalah Keppres No 12 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Keppres No 7 Tahun 2023 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 H/2023 M yang bersumber dari Bipih dan Nilai Manfaat.

“Alhamdulillah, Keppres sudah terbit. Pelunasan untuk kuota tambahan dibuka selama tiga hari, 8-12 Juni 2023,” tegas Saiful Mujab di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Indonesia tahun ini mendapat tambahan kuota dari Arab Saudi sebesar 8.000 jemaah. Sehingga, total kuota haji tahun ini Adalah 229.000 Jemaah. Kementerian Agama telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 467 tahun 2023 tentang Penetapan Kuota Haji Tambahan 1444 H/2023 M.

Dalam KMA tersebut diatur bahwa kuota tambahan terdiri atas 7.360 kuota haji reguler dan 640 kuota haji khusus. Untuk haji khusus, kuota tambahan ini terdiri atas 600 jemaah dan 40 kuota petugas.

(hab)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)