Pembuat Video Viral Jemaah Embarkasi Makassar Terlantar Minta Maaf ke Masyarakat Indonesia

Sabtu, 10 Juni 2023 - 12:01 WIB
loading...
Pembuat Video Viral Jemaah Embarkasi Makassar Terlantar Minta Maaf ke Masyarakat Indonesia
Atikah (kanan), pembuat video viral soal jemaah haji asal embarkasi Makassar (UPG) 14 terlantar meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
MADINAH - Atikah, pembuat video viral soal jemaah haji asal embarkasi Makassar (UPG) 14 terlantar meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. Permintaan maaf juga ditujukkan kepada Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Saya Atikah, jemaah Kloter 14 UPG, mengklarifikasi beredarnya video jemaah ditelantarkan dan tidak diperhatikan, dengan ini menyatakan itu tidak benar," kata Atikah, Sabtu (10/6/2023).

Pemintaan maaf itu disampaikan Atikah secara tertulis dalam sebuah surat pernyataan. Dalam pernyataannya, Atikah meminta maaf karena sudah merekam Ketua Regu III Rombongan IV Kloter 14 embarkasi Makassar (UPG) Ukkas dan menyebarkannya.

"Saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekhilafan yang saya lakukan. Demi Allah tidak ada unsur kesengajaan untuk diviralkan," ujarnya.

"Kami sudah merasa nyaman di hotel ini (Front Taiba). Kepada Bapak Menteri Agama, kepada Pak Kakanwil Kemenag saya memohon maaf. Kepada pengurus haji Provinsi Sulawesi Selatan, kepada Kakandepag Luwu Utara, dan seluruh pengurus jemaah haji Republik Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia," sambungnya.

Hal senada dikatakan Atikah saat bertemu dengan sejumlah pihak dari Kementerian Agama (Kemenag) yakni, Tenaga Ahli Menteri Agama Hasan Sagala Basri dan Mahmoud Syaltout, dan Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin.

Dalam pertemuan itu, Atikah menjelaskan, saat itu dirinya baru saja pulang dari Masjid Nabawi. Setibanya di penginapan, seluruh penghuni tiba-tiba diminta keluar oleh pihak hotel. Atikah mengaku tidak ada niat untuk memviralkan peristiwa tersebut.

"Kami dari masjid siang-siang, lelah, mana ngurus lansia tiba-tiba petugas hotel datang saya diminta check out. Karena panik, akhirnya terjadi itu. Saya atas nama pribadi mohon maaf sebesar-besarnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama yang telah menyiapkan layanan, fasilitas dan bantuan di Arab Saudi untuk jemaah haji," ujarnya.

Ketua Kloter 14 UPG Akhwan mengaku ada kesalahpahaman pihak hotel dan majmuah yang tidak memberitahu rencana relokasi akomodasi jemaah UPG ke hotel lain.

Baca: Tak Ditelantarkan, Jemaah Haji Embarkasi Makassar Dipindah ke Hotel Dekat Masjid Nabawi

"Saat itu kami tidak tahu alasan pemindahannya dari Hotel Al Haritiah Frontel ke Taiba Front Hotel. Sekarang masalahnya sudah selesai," kata Akhwan yang juga Kasie PHU Kemenag Luwu Utara.

Akhwan menambahkan, setelah dipindah jemaah merasa nyaman beribadah karena lebih dekat ke Masjid Nabawi dan tidak khawatir lagi menyeberang jalan.

"Saya mengimbau kepada jemaahnya tidak ada lagi masalah di kloter ini, silakan beribadah. Kalau ada sesuatu silakan konfirmasi. Kejadian yang terlihat sebenarnya tidak begitu," ujarnya.

Seperti diketahui, video berdurasi 54 detik soal jemaah haji viral. Dalam video tersebut perekam yang merupakan jemaah haji Kloter UPG 14 mengaku ditelantarkan.

Dalam video tersebut juga tampak Ketua Regu III Rombongan IV Kloter 14 embarkasi Makassar (UPG) Akkus yang juga meminta pengurus Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulawesi Selatan untuk memperhatikan jemaah.

(hab)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)