Jemaah Haji Wafat di Arab Saudi Bertambah 3, Total Menjadi 40 Orang

Minggu, 11 Juni 2023 - 14:19 WIB
loading...
Jemaah Haji Wafat di Arab Saudi Bertambah 3, Total Menjadi 40 Orang
Pemakaman di Arab Saudi. Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah 3 orang, sehingga totalnya menjadi 40 orang. FOTO/DOK.SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jumlah Jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah 3 orang. Dengan penambahan ini, maka total jemaah haji yang meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 40 orang.

Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama Ramadhan Harisman, mengatakan tiga jemaah haji yang meninggal dunia atas nama Acu Sanan Inun asal Kloter Jakarta-Bekasi (JKS) 40, Bunidi Sahumi Samid asal Kloter Surabaya (SUB) 08, dan Asnawi Said Mihi asal Kloter Surabaya (SUB) 43.

"Secara keseluruhan jamaah yang wafat hingga sampai saat ini berjumlah 40. Sesuai ketentuan jemaah haji yang wafat akan dibadalhajikan," kata Ramadhan dalam keterangan yang disampaikan secara daring, Minggu (11/6/2023).



Sementara itu, berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga 10 Juni pukul 24.00 WIB, total jumlah jemaah haji Indonesia yang telah tiba di Arab Saudi sebanyak 118.541 orang atau 308 kloter. "Jumlah jemaah petugas yang didorong hari ini dari Madinah ke Makkah sebanyak 6.270 atau 16 kloter," katanya. Adapun jemaah dan petugas yang masuk Asrama Haji hari ini bejumlah 6.174 orang.

Ramadhan mengingatkan suhu di Madinah saat ini berkisar 30 sampai 44 derajat Celcius dan di Makkah 30-43 derajat Celcius. Ia mengimbau kepada para jemaah khususnya jemaah lanjut usia (lansia) untuk senantiasa menjaga kesehatan, meminimalisir aktivitas yang menguras tenaga.

"Melaksanakan ibadah salat bisa dilakukan di kamar atau di masjid-masjid terdekat dengan hotel masing-masing. Saling bantu antarjemaah terutama yang masih muda dan sehat untuk membantu jamaah khususnya jemaah lansia yang memakai kursi roda," katanya.



"Terlebih saat menjalankan ibadah umrah wajib mohon jangan sungkan untuk minta bantuan petugas yang berada di sektor khusus di Masjidilharam, sehingga proses ibadah umrah berjalan dengan baik dan lancar," katanya.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)