Surat Yusuf Ayat 111 (Tamat): Pelajaran untuk Orang-orang Berakal, Ini Hikmahnya

Minggu, 11 Juni 2023 - 17:57 WIB
loading...
Surat Yusuf Ayat 111 (Tamat): Pelajaran untuk Orang-orang Berakal, Ini Hikmahnya
Dai lulusan Al-Azhar Mesir, Ustaz Muchlis Al-Mughni saat mengisi kajian di Masjid Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat. Salah satu materi kajian beliau adalah kisah tentang Nabi Yusuf. Foto/Ist
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Tibalah kita di akhir Surat Yusuf. Allah mengisahkan riwayat Nabi Yusuf ini secara lengkap untuk menjadi pelajaran bagi orang-orang berakal. Sebagai penutup Surat Yusuf, Allah kembali mengingatkan bahwa pada kisah para Nabi dan Rasul, termasuk kisah Nabi Yusuf, terkandung pesan-pesan berharga untuk dipelajari manusia.

Berikut firman-Nya:

لَقَدْ كَانَ فِيْ قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۗ مَا كَانَ حَدِيْثًا يُّفْتَرٰى وَلٰكِنْ تَصْدِيْقَ الَّذِيْ بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيْلَ كُلِّ شَيْءٍ وَّهُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ ࣖ

Artinya: "Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al- Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman." (QS Yusuf Ayat 111)

Pesan dan Hikmah
1. Hikmah disampaikannya kisah-kisah umat atau para Nabi terdahulu penuh hikmah dan pelajaran yang bermanfaat bagi orang yang menggunakan akal pikirannya.
2. Sesungguhnya akal lebih selamat jika diisi dengan pesan dan ajaran Al-Qur'an.
3. Al-Qur'an merupakan kitab luar biasa karena di dalamnya berisi kalam-kalam Allah yang Maha Tahu dengan perkara gaib, baik masa lalu maupun yang akan datang.
4. Al-Qur'an datang membenarkan kitab-kitab terdahulu seperti Zabur, Taurat dan Injil. Di samping itu fungsi Al-Qur'an sebagai penjelas, petunjuk (hidayah) sekaligus rahmat terkhusus bagi yang mengimaninya.
5. Keselarasan poin pembahasan antara ayat-ayat pertama dan ayat ayat terakhir. Yaitu pentingnya mempelajari dan meyakini kisah-kisah dalam Al-Qur'an.

Surat Penghibur Rasulullah SAW
Untuk diketahui, Surat Yusuf ini terdiri atas 111 ayat, surat ke-12 dalam mushaf Al-Qur'an. Surat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyyah karena diturunkan sebelum Hijrah Nabi.

Surat ini dinamakan Surat Yusuf karena menceritakan kisah Nabi Yusuf secara deatail dan sempurna. Riwayat ini salah satu di antara cerita-cerita ghaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu mukjizat bagi beliau, sedang beliau sebelum diturunkan surat ini tidak mengetahuinya.

Menurut riwayat Al-Baihaqi dalam Kitab Ad-Dalail, segolongan orang Yahudi masuk Islam setelah mereka mendengar cerita Nabi Yusuf karena sesuai dengan cerita-cerita yang mereka ketahui. Dari cerita Yusuf ini, Nabi Muhammad SAW mengambil pelajaran yang banyak dan penghibur bagi beliau dalam menjalankan tugas kenabiannya.

Semoga Bermanfaat

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)