Izhar Halqi: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya

Selasa, 20 Juni 2023 - 18:11 WIB
loading...
Izhar Halqi: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
Izhar Halqi merupakan salah satu cabang atau bagian hukum izhar dalam ilmu tajwid. Foto/Channel Ayo Ngaji
A A A
Pengertian, hukum dan contoh bacaan Izhar Halqi akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Qur'an menggunakan ilmu tajwid hukumnya fardhu 'ain bagi setiap muslim.

Salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang wajib dipelajari umat muslim yaitu Izhar Halqi. Disebut Izhar Halqi karena makhraj dari huruf-hurufnya keluar dari dalam tenggarakan (halqi).

Pengertian Izhar Halqi
Izhar Halqi merupakan salah satu cabang atau bagian hukum izhar dalam ilmu tajwid. Secara bahasa, izhar halqi terdiri dari dua kata yakni izhar dan halqi. Izhar artinya jelas atau terang, sedangkan halqi berarti tenggorokan.

Secara istilah, Izhar Halqi adalah menjelaskan atau mengucapkan bunyi nun atau tanwin apabila bertemu dengan enam huruf halqi. Enam huruf halqi yang dimaksud adalah yaitu: hamzah (ء), Ha (هـ), ha (ح), Kho (خ), 'Ain (ع), Ghain (غ).

Hukum Bacaan
Cara membaca Izhar yaitu dengan mengucapkan nun mati/sukun (نْ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) dengan ucapan jelas tanpa embel-embel ghunnah atau dengung. Selain itu pengucapan huruf izhar pun tidak ada jeda maupun saktah.

Dinamakan izhar karena Nun sukun atau tanwinnya harus dibaca dengan jelas. Dinamakan halqi karena huruf-hurufnya keluar (makhraj nya) dari tenggorokan.

Contoh Bacaan Izhar Halqi dalam Al-Qur'an

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Cara membacanya: "Fashalli lirabbika wan-har."

Keterangan:
Bacaan ini terdapat dalam Surat Al-Kautsar ayat ke-2. Pada bacaan tersebut menunjukan Nun mati bertemu dengan huruf Izhar Halqi yaitu Kha.

خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ

Cara membacanya: "Khalaqal insaana min-'alaq."

Keterangan:
Contoh terdapat dalam Surah Al-Alaq ayat ke-2. Pada bacaan tersebut menunjukkan Nun mati bertemu dengan salah satu huruf Izhar Halqi yaitu Ain.

وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

Cara membacanya: "Wa Aamanahum min khouf."

Keterangan:
Bacaan ini terdapat dalam Surat Quraisy ayat ke-4. Pada ayat tersebut menunjukkan Nun mati bertemu dengan huruf Kho.

اَرَاَيْتَ الَّذِيْ يَنْهٰىۙ

Cara membacanya: "Aroaitalladzi yanha."

Keterangan:
Contoh di atas terdapat dalam Surat Al Alaq ayat ke-9. Dalam ayat tersebut menunjukkan Nun mati bertemu dengan huruf Ha.

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ اَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍ

Cara membacanya: "Illalladziina Aamanuu wa'amilush shoolihaati lahum ajrun ghairu mamnun."

Keterangan:
Bacaan di atas terdapat dalam Surat Al Insyiqaq ayat ke-25. Pada ayat tersebut menunjukkan Nun mati bertemu dengan huruf Gain.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)