6 Amalan di Bulan Zulhijjah Bertabur Pahala dan Kebaikan

Selasa, 20 Juni 2023 - 22:15 WIB
loading...
A A A
5. Memperbanyak Zikir Tahlil, Takbir, Tasbih, dan Tahmid
Rasulullah SAW memerintahkan kita memperbanyak dzikir tahlil, takbir, tasbih, dan tahmid. Tidak ada jumlah khusus, namun semakin banyak akan semakin berkah dan berpahala. Apalagi diamalkan pada 10 hari pertama di bulan Zulhijjah maka pahalanya akan berlipat ganda.

Dari Ibnu Umar dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tiada hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal kebaikan pada hari tersebut lebih dicintai oleh Allah, melebihi sepuluh hari pertama bulan Zulhijjah ini. Maka hendaklah kalian memperbanyak tahlil, takbir, dan tahmid." (HR. Ahmad)

6. Bersedekah
Bersedekah di 10 hari pertama bulan Zulhijjah juga memiliki keutamaan besar. Hal ini disebutkan dalam Hadis. "Tidak ada hari-hari yang amal salih di dalamnya itu lebih dicintai oleh Allah melebihi 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini..." (HR Al-Bukhari)

Jadwal Puasa Arafah Jadwal Puasa Arafah 9 Zulhijjah berdasarkan hasil sidang Isbat Kementerian Agama adalah Hari Rabu 28 Juni 2023. Sedangkan puasa Tarwiyah 8 Zulhijjah Hari Selasa 27 Juni 2023. Untuk ibadah kurban di Hari Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Bagi yang mengikuti kalender Islamic Global atau keputusan Muhammadiyah, puasa Arafah jatuh hari Selasa 27 Juni 2023. Meski ada perbedaan waktu, umat Islam diimbau tetap menjaga kerukunan. Insya Allah puasanya diterima Allah karena masing-masing punya ijtihad.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3060 seconds (0.1#10.140)