Perbanyak Zikir Ini di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijjah

Rabu, 21 Juni 2023 - 10:00 WIB
loading...
Perbanyak Zikir Ini di 10 Hari Pertama Bulan Zulhijjah
Berzikir salah satu amalan yang dianjurkan dalam bulan Zulhijjah, bacaan zikir yang diutamakan di 10 hari pertama bulan tersebut yakni bacaan tahlil dan takbir. Foto ilustrasi/ist
A A A
Zulhijjah merupakan bulan yang memiliki keistimewaan selain Ramadan. Umat Islam dianjurkan mengagungkan bulan tersebut dengan memperbanyak amalan zikir, puasa, berkurban, dan salat Iduladha.

Keutamaan bulan Zulhijjah disebutkan bahwa 10 hari pertamanya dijadikan salah satu media bersumpah oleh Allah Ta'ala yang diabadikan dalam Surah Al-Fajr. Allah Ta'ala berfirman:

وَلَيَالٍ عَشۡرٍۙ


"Dan demi malam-malam yang sepuluh". (QS Al-Fajr Ayat 2).

Menurut Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan (pengasuh Ponpes Al-Hawthah Al-Jindaniyah), tidaklah Allah bersumpah terhadap sesuatu melainkan sesuatu itu adalah hal yang sangat penting dan sangat berharga. Para ulama ahli tafsir mengatakan bahwa malam-malam yang sepuluh dalam ayat itu adalah 10 hari pertama Zulhijjah.

Salah satu amalan yang dianjurkan pada 10 hari Zulhijjah adalah menghidupkan zikir . Orang-orang yang berzikir di kalangan umat Nabi Muhammad SAW memiliki kemuliaan di sisi Allah Ta'ala. Keutamaan berzikir (mengigat Allah) di bulan Zulhijjah ini akan mendapatkan ganjaran kebaikan di dunia dan akhirat.

Habib Ahmad mengatakan, amalan zikir khusus pada 10 hari Zulhijjah adalah Tahlil dan Takbir. Tahlil adalah ucapan "Laa Ilaha Illallah" (tidak ada Tuhan selain Allah). Sedangkan Takbir ialah kalimat "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar). (

Selain berzikir, kaum muslimin juga dianjurkan menghidupkan zikir umum dan takbir pada hari raya Iduladha dan hari-hari taysrik. Terkait amalan berzikir ini, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidaklah ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih DIA cintai dibanding melakukan amal ibadah di 10 hari bulan Zulhijjah . Maka perbanyaklah di 10 hari ini membaca Tahlil, Takbir dan Tahmid". (HR Imam Ahmad dari Ibnu Umar RA)

Kemudian riwayat dari Abu Hurairah RA menuturkan, pada suatu hari Rasulullah SAW keluar memimpin kami menghadapi musuh. Tiba-tiba beliau shallallahu 'alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam memerintahkan, "Ambillah perisai kalian!" Kami bertanya, "Ya Rasulullah , apakah ada musuh yang datang?" Beliau SAW menjawab, "Ambillah perisai kalian terhadap neraka, ucapkanlah:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ


"Maha Suci Allah; Segala Puji Bagi Allah; Tiada Tuhan Selain Allah; Allah Maha Besar; Tiada Daya dan Kekuatan kecuali dengan Pertolongan Allah".



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)