Jelang Puncak Haji, Seluruh Jemaah Reguler dan Khusus Sudah Berangkat ke Makkah

Jum'at, 23 Juni 2023 - 22:48 WIB
loading...
Jelang Puncak Haji, Seluruh Jemaah Reguler dan Khusus Sudah Berangkat ke Makkah
Seluruh jemaah haji khusus dan kuota tambahan yang sebelumnya transit di Madinah hari ini sudah bergeser ke Makkah. Foto: SINDOnews/SUCIPTO
A A A
MAKKAH - Seluruh jemaah haji khusus dan kuota tambahan yang sebelumnya transit di Madinah hari ini sudah bergeser ke Makkah.Semua jemaah akan mengikutiseluruh rangkaian puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Zaenal Muttaqin mengatakan, seluruh jemaah haji reguler telah diberangkatkan ke Makkah. "Seluruh jemaah haji kuota tambahan terakhir diberangkatkan pukul 11.30 Waktu Arab Saudi," katanya, Jumat (23/6/2023).

Zaenal mengaku bersyukur proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia berjalan lancar. Setelah seluruh jemaah diberangkatkan, kata Zaenal, dilanjutkan dengan keberangkatan seluruh petugas haji Daker Madinah yang berangkat ke Makkah pada pukul 16.30 Waktu Arab Saudi.



"Setibanya di Makkah, seluruh petugas Daker Madinah harus membantu kawan-kawan Daker Makkah melayaninjemaah haji," ujarnya saat apel kesiapan keberangkatan petugas PPIH Daker Madinah ke Makkah.

Kepala Seksi (Kasi) Akomodasi Daerah Kerja Madinah Ali Machzumi menjelaskan ada tiga kelompok terbang jamaah haji kuota tambahan yang diberangkatkan pada Jumat yakni kloter 13 Embarkasi Lombok (LOP 13), kloter 98, dan 99 Embarkasi Solo ( SOC 98 dan SOC 99).

"Untuk dua kloter yakni LOP 13 dan SOC 98 diberangkatkan Jumat pagi sekitar pukul 7, sedangkan SOC 99 diberangkatkan pukul.11.30 Waktu Arab Saudi," kata Ali.



Ketiga kloter jemaah haji kuota tambahan tersebut berangkat dari dua hotel terpisah yakni LOP 13 dari Hotel Gloria Fayrouz Al Massi dan Al Andalus Golden Palace. Sementara SOC 98 dari Hotel Gloria Fayrouz Al Massi, sedangkan SOC 99 berasal dari Hotel Al Andalus Golden.

"Masing-masing ada satu peserta haji dari LOP 13 dan SOC 98 masuk ke RS Mu'sa Madinah karena sakit," katanya.

Senada, Kasi Pengawasan Haji Khusus Daker Madinah PPIH Arab Saudi Rudy N Ambari mengatakan untuk jemaah haji khusus ada lima Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang diberangkatkan ke Mekkah.

"Total ada lima PIHK yang diberangkatkan ke Makkah hari ini. Terakhir mereka diberangkatkan pukul 14.00 Waktu Arab Saudi," kata Rudi.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)