Ini 6 Kriteria Jemaah Haji Sakit yang Bisa Safari Wukuf

Sabtu, 24 Juni 2023 - 23:48 WIB
loading...
Ini 6 Kriteria Jemaah Haji Sakit yang Bisa Safari Wukuf
KKHI Makkah menyebut ada beberapa kriteria jemaah haji yang bisa ikut safari wukuf pada puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Foto/SINDOnews
A A A
MAKKAH - Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah menyebut ada beberapa kriteria jemaah haji yang bisa ikut safari wukuf pada puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Penanggung Jawab Safari Wukuf di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah Dokter Budiana Rismawan mengatakan safari wukuf ditujukan untuk jemaah haji sakit yang kondisinya tidak dapat melaksanakan wukuf secara mandiri.



"Jemaah haji sakit tersebut nantinya diantar menggunakan alat transportasi darat ke area Arafah untuk melaksanakan wukuf," ujar Dokter Budiana di Makkah, Sabtu (24/6/2023).

Budiana menyebut ada enam kriteria jemaah haji yang ikut safari wukuf. Pertama, jamaah haji sakit dengan kesadaran yang baik dan Hemodinamik (sirkulasi) stabil dan Mean Arterial Pressure (MAP) paling rendah 65 mmHg.

Kedua, transportable. Artinya, saat pemindahan tidak memperberat kondisi fisik jemaah dan tidak berpotensi menimbulkan kecacatan atau mengancam keselamatan. "Ketiga saturasi oksigen > 89 dengan nasal kanula 2-3 ltr/mnt," ucapnya.

Keempat, penyakit tidak dalam periode akut. Kelima tidak dalam krisis hipertensi. Keenam, tidak mengidap penyakit menular atau tidak infeksius.

"Persiapan layanan safari wukuf sebenarnya sudah kita mulai sejak awal operasional KKHI Makkah, yaitu melalui Medical Check Up (MCU) yang sekaligus proses identifikasi jemaah haji risko tinggi yang memenuhi kriteria safari wukuf," jelasnya.

Selain dari MCU, kata Budiana, KKHI Makkah membuka usulan nominasi dari kloter. Nominasi ini akan dilaksanakan pemeriksaan pada poli safari wukuf yang dilaksanakan pada 22 hingga 24 Juni 2023 di pos kesehatan sektor Daker Makkah.

"Tujuannya untuk melihat apakah nominasi dari kloter sudah sesuai dengan kriteria safari wukuf atau tidak," katanya.

Budiana menambahkan safari wukuf diutamakan hanya untuk jemaah haji sakit yang dirawat di KKHI Makkah dan memenuhi kriteria.

Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) pasien rawat inap di KKHI Makkah akan mengidentifikasi jemaah haji sakit yang masuk kriteria safari wukuf dan mana yang akan dibadalkan.



"Tim visitasi juga akan melakukan identifikasi jemaah haji sakit yang sudah masuk dalam kamar perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Jemaah haji sakit yang diperbolehkan pulang dan tidak dengan pulang paksa," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)