Raker dengan Timwas Haji DPR, Menag Paparkan Kesiapan Jelang Armuzna

Senin, 26 Juni 2023 - 05:36 WIB
loading...
Raker dengan Timwas Haji DPR, Menag Paparkan Kesiapan Jelang Armuzna
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat memaparkan kesiapan Armuzna kepada Timwas Haji DPR di di Hotel 707 Raudhah, Makkah. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MAKKAH - Kementerian Agama ( Kemenag ) bersama Tim Pengawas Haji DPR menggelar rapat kerja di Makkah, Minggu (25/6/2023). Rapat tersebut membahas persiapan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Wamenag Zainut Tauhid, Dirjen PHU Hilman Latief, serta Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.



Dalam rapat tersebut, Gus Yaqut panggilan Yaqut Cholil Qoumas memaparkan berbagai persiapan menjelang Armuzna. Gus Yaqut menyebut seluruh persiapan sudah baik meski masih ada beberapa hal yang harus dilengkapi, tapi semua dipastikan selesai H-1 puncak haji.

"Terkait kesehatan, kami lihat di Arafah kesiapan klinik cukup bagus. Di Mina yang masih kurang. Di Mina AC nya kurang, kalau di klinik saya minta lebih dingin dibanding tenda-tenda jemaah, kemarin kita komplain. Alhamdulillah sudah ditambah pendingin ruangan khusus di klinik. Maktab untuk petugas kesehatan di Mina yang belum dipenuhi, di Arafah sudah, tinggal di Mina," katanya.



Selain itu, Gus Yaqut juga menjelaskan terkait daya listrik yang masih kurang untuk menghidupkan ventilator di klinik di Mina.

"Kita tahu jemaah yang masuk ke KKHI dan RSAS rata-rata selain demensia juga ISPA yang seringkali membutuhkan ventilator untuk bernafas tapi daya kistriknya tidak cukup kalau di kasih ventilator," katanya.

Gus Yaqut mengaku telah berkonsultasi dengan tim kesehatan agar menaikkan 100 amphere. "Masyariq yakni perusahaan yang menyediakan layanan menyanggupi tapi saya belum cek karena baru datang. Setelah pertemuan ini semua beres baik tenda petugas haji maupun daya listrik untuk ventilator," kata dia.

Soal sanitiasi, Gus Yaqut menyebut ada penambahan toilet di Arafah sebanyak 500.

"Sesuai permintaan kami tahun lalu jumlah toilet sudah ditambah di Arafah. Saat ini ada 1.500 toilet dari 1.000 sebelumnya. Meski permintaan kita penambahan 100%. Kita minta 2.000 ini 1.500. Toiletnya sangat layak, bersih dan lebih hygienis dibanding toilet lama," tuturnya.

Begitu juga di Mina, kata Gus Yaqut, ada penambahan dua kali lipat toilet. Termasuk air yang tersedia juga bersih dan tidak panas.



"Yang kita khawatirkan itu kalau keran dibuka panas. Mereka sudah menggunakan teknologi untuk menahan air agar tidak panas. Suhunya 24 derajat airnya. Jadi relatif lebih ramah dibanding tahun lalu," ujar menteri asal PKB ini.

Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi mengatakan, rapat kerja ini untuk melihatbsejauh mana kesiapan pelaksanaan ibadah haji 1444 H/2023 M. "Kami ingin mendengar bagaimana persiapan pelaksanaan Armuzna ini," kata Ashabul Kahfi di Hotel 707 Raudhah, Makkah.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)