Keramahan Haji: Warga Arab Saudi Bagikan Makanan dan Minuman kepada Jemaah

Senin, 26 Juni 2023 - 13:17 WIB
loading...
A A A
Waktu haji musim panas tahun ini, yang mengikuti kalender lunar, akan menguji ketahanan para jemaah selama sebagian besar ritual di luar ruangan.

Saat suhu melebihi 42 derajat celsius, para pemuda membagikan botol air beku

“Kami membeli air dan mendinginkannya dengan baik, lalu kami mulai membagikannya sekali atau dua kali sehari setelah salat,” kata warga Makkah Hamza Taher, 25.
Keramahan Haji: Warga Arab Saudi Bagikan Makanan dan Minuman kepada Jemaah

Berdiri di dekat sebuah truk berisi botol air, saudaranya Anas, 22, mengatakan mereka bukan satu-satunya yang membantu. “Semua orang Makkah berlomba untuk membantu,” katanya.



Tradisi menjamu jemaah haji di rumah Makkah telah mati dalam beberapa tahun terakhir, dengan otoritas Saudi memulai proyek perluasan infrastruktur yang meningkatkan pilihan akomodasi.

Namun banyak warga kota yang masih mengingat kebiasaan berusia berabad-abad itu. “Ketika saya tumbuh dewasa, kami biasa menjamu jamaah di rumah kami,” kata seorang warga Makkah. “Itu adalah tradisi yang indah,” tambahnya.

Dan sementara beberapa praktik mati, yang lebih muda ikut bermain, termasuk inisiatif yang dipimpin oleh kementerian pendidikan yang telah mengirim ratusan anak sekolah Makkah untuk membantu haji.

Tugas mereka termasuk membantu peziarah yang menggunakan kursi roda dan membimbing penutur non-Arab ke tempat-tempat suci. “Saya sedang menyelesaikan apa yang nenek moyang saya mulai ratusan tahun yang lalu,” kata Sultan Al-Ghamdi, mahasiswa berusia 17 tahun.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2595 seconds (0.1#10.140)