Keramahan Haji: Warga Arab Saudi Bagikan Makanan dan Minuman kepada Jemaah

Senin, 26 Juni 2023 - 13:17 WIB
loading...
Keramahan Haji: Warga Arab Saudi Bagikan Makanan dan Minuman kepada Jemaah
Warga Aran Saudi membagikan makanan dan minuman gratis kepada jemaah haji untuk menghormati tradisi lama di kota paling suci Islam itu. (Gulf News)
A A A
Menantang panas, penduduk Makkah Amer Abdullah membagikan teh dan roti gratis kepada para jemaah yang melakukan ibadah haji tahunan, untuk menghormati tradisi lama di kota paling suci Islam itu.

Bergabung dengan kelima putranya, pria Saudi berusia 45 tahun yang menghabiskan malamnya menyajikan minuman hangat untuk jemaah haji, mengatakan keramahan haji mengalir dalam darahnya.

“Bagi masyarakat Makkah, tidak ada kehormatan yang lebih tinggi daripada melayani jamaah,” kata Abdullah jelang dimulainya manasik haji pada Ahad 25 Juni 2023.

"Ayah saya melakukannya seperti yang dilakukan nenek moyangnya sebelum dia dan sekarang saya mencoba mewariskannya kepada anak laki-laki saya," tambah lelaki dengan peluh yang membasahi wajahnya.



Sebelum hotel-hotel dan gedung-gedung tinggi bermunculan di Makkah, penduduk setempat biasa menjamu peziarah di rumah mereka.
Keramahan Haji: Warga Arab Saudi Bagikan Makanan dan Minuman kepada Jemaah

Sekarang, meski kota suci dipenuhi dengan akomodasi dan pusat perbelanjaan, hal ini tidak menggantikan budaya keramahan yang sudah mendarah daging.

Setiap hari sekitar tengah hari, Abdullah dan anak-anaknya mulai mengisi termos dengan teh dan susu panas.

Mereka mengemas ratusan roti ke dalam kantong plastik yang tertutup rapat sebelum keluar malam.

Mereka berdiri di dekat Masjidilharam, yang dipenuhi jemaah, beberapa di antaranya bertahan hidup hanya dengan sedekah selama empat hari haji.

“Ini adalah kehormatan yang diturunkan dari generasi ke generasi di sini,” kata Abdullah sambil menuangkan teh ke dalam cangkir kertas.



Berebut untuk Membantu

Keramahtamahan, yang sudah mengakar kuat dalam budaya Saudi, mendapatkan lebih banyak mata uang selama haji - salah satu dari lima rukun Islam yang harus dilakukan oleh semua Muslim setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Lebih dari 2 juta peziarah lebih dari 160 negara diharapkan menunaikan rukum Islam kelima tahun ini.

Menurut tradisi Muslim, mereka adalah “tamu Tuhan”, yang berarti mereka harus disediakan akomodasi, makanan dan minuman bahkan jika mereka tidak mampu membelinya.
Keramahan Haji: Warga Arab Saudi Bagikan Makanan dan Minuman kepada Jemaah

Di seberang Makkah, para pemuda membagikan makanan gratis yang terdiri dari nasi, ayam atau daging kepada jemaah yang mengantre panjang.

Faisal Al Husseini, seorang pengusaha Pakistan yang tinggal di Makkah, membagikan makanan panas setiap hari selama berminggu-minggu.

“Merupakan kehormatan besar untuk melayani tamu Allah,” katanya sambil menyerahkan makanan dalam kantong plastik biru kepada seorang jemaah haji.



Bagi pengunjung Mesir berusia 47 tahun, Mahmoud Talaat, pemberian itu adalah satu-satunya sumber rezekinya.

“Saya bergantung pada makanan ini karena saya tidak mampu membelinya,” katanya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2874 seconds (0.1#10.140)