1.470 Bus Angkut Jemaah Haji Indonesia dari Makkah Menuju Arafah

Senin, 26 Juni 2023 - 14:15 WIB
loading...
1.470 Bus Angkut Jemaah Haji Indonesia dari Makkah Menuju Arafah
Jemaah haji Indonesia akan naik bus menuju Arafah, Senin (26/5/2023). FOTO/SINDOnews/SUCIPTO
A A A
JAKARTA - Hari ini, jemaah haji Indonesia mulai bergerak menuju Arafah. Bersama dengan 2,5 juta jemaah haji lainnya dari seluruh dunia, mereka akan menjalani puncak haji yang dimulai dari wukuf di Arafah.

Untuk mengangkut para jemaah, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2023, sudah menyiapkan pola pengangkutan jemaah haji dari hotel menuju Arafah.

Kasi Transportasi Daker Makkah Asep Subhana mengatakan, pola yang akan digunakan untuk pengangkutan jemaah dibagi menjadi tiga trip atau perjalanan.



Trip pertama, jemaah akan diangkut pukul 07.00-11.00 WAS. Trip kedua, jemaah mulai diangkut pukul 11.00-17.00, dan trip ketiga atau trip terakhir, jemaah akan mulai diangkut mulai pukul 17.00-24.00.

Disiapkan 21 bus per maktab yang akan melakukan tiga kali putaran untuk penjemputan jemaah. Masing-masing bus sudah disiapkan 47 seat untuk jemaah.

"Jemaah haji Indonesia akan diangkut 1.470 bus untuk pergerakan dari Makkah menuju Arafah," katanya, Senin (26/6/2023).

Menurut Asep, jemaah sudah mulai diangkut bus untuk menuju ke Arafah pagi ini. Mereka akan diangkut secara bergelombang. "Bus akan berputar sebanyak tiga kali untuk mengangkut 3.000 jemaah. Masing-masing bus di satu maktab akan berputar tiga kali," lanjutnya.



Menurut Asep, untuk trip pagi memang relatif lebih lancar karena lalu lintas tidak terlalu padat. Berbeda dengan trip pada siang dan sore hari. "Dibutuhkan waktu 1,5-2 jam untuk perjalanan jemaah dari hotel menuju Arafah, itu termasuk loading naik turun penumpang di hotel dan di Arafah," katanya.

Asep mengimbau jemaah haji Indonesia yang tidak masuk dalam pemberangkatan trip pagi, untuk tidak keluar kamar agar tidak mengganggu mobilitas jemaah yang ke Arafah. "Kami minta jemaah untuk tidak terlalu panik, keluar kamar sesuai dengan jadwal tripnya saja. Jika belum jadwalnya, istirahat saja dulu di kamar," urainya.

Kunci dari keberhasilan pengangkutan jemaah dari hotel di Makkah menuju Arafah adalah kedisiplinan. Pertama kedisiplinan jemaah. "Jemaah harus siap sesuai dengan jadwal tripnya. Kalau belum jadwalnya, jangan ke lobi hotel yang akan menghambat pergerakan jemaah mau ke Arafah," paparnya.

Jika sudah jadwalnya, kata dia, jemaah juga diminta untuk disiplin segera turun dan bersiap di lobi. Bus datang, jemaah langsung berangkat ke Arafah.

Kedua, kedisiplinan sopir bus. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak maktab untuk membantu mengkomunikasikan dengan para sopir bus ini. "Tantangan setiap tahunnya transportasi jemaah adalah banyak sopir nakal yang tidak segera kembali ke hotel setelah tiba di Arafah," urainya.

Dia optimistis pihak maktab dan sopir bisa komitmen dan disiplin dalam penjemputan. "Harapan kami proses pengangkutan jemaah ini berjalan lancar dan tidak ada kendala. Semua jemaah haji bisa diangkut dalam tiga trip," tutupnya.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)