Doa yang Dibaca saat Wukuf di Arafah

Selasa, 27 Juni 2023 - 11:31 WIB
loading...
Doa yang Dibaca saat Wukuf di Arafah
Jemaah haji Indonesia menjalani wukuf di Arafah pada hari ini. Foto/SINDOnews/Sucipto
A A A
ARAFAH - Jemaah haji Indonesia menjalani wukuf di Arafah pada hari ini. Prosesi puncak ibadah haji yang jatuh pada 9 Zulhijah 1444 H atau Selasa, 27 Juni 2023 ini jemaah diimbau memperbanyak membaca doa.

"Sebaik-baik doa adalah berdoa di hari Arafah. Pada saat di Arafah, berdolah, berzikir, bermunajat kepada Allah SWT," kata Konsultan Ibadah PPIH Daker Madinah KH. Wazir Ali, Selasa (27/6/2023)

Bersumber dari buku Fi Rihabi Baytilharam yang ditulis al-Sayyid Muhammad Alawi bin Abbas al-Maliki al-Makki al-Hasani bab Ma Tsabata Mina al-Dua fi Yaumi Arafah, berikut beberapa doa selama wukuf di Arafah.

Doa yang Dibaca saat Wukuf di Arafah






Dari hadis riwayat Sayyidina Ali:

1. Membaca talbiyah 3 kali.
2. Membaca takbir 3 kali
3. Membaca "La Ilaha illallah wahdahu la syarikalahu, lahulmulku walahulhamdu yuhyi wayumitu, biyadihil khair," 100 kali.
4. Asyhadu Annallaha 'ala Kulli Syaiin Qadir, waannallaha qad ahatha bikulli Syaiin 'Ilma, 100 kali.
5. Audzu billahi minas saythanirrajim. Innahu huwassamiul alim, 3 kali.
6. Membaca surah Fatihah 3 kali + Amin
7. Membaca surah al-Ikhlas diawali bismillah, 100 kali.
8. Membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW, 100 kali.
9. Berdoa untuk kebaikan dan keselamatan diri sendiri di dunia dan akhirat, untuk keluarga (anak istri, orang tua dan lainnya), untuk orang-orang yang berjasa dalam hidup (guru, ustaz, kiai, dan lainnya), untuk muslimin dan muslimat.

Setiap doa yang dibaca dianjurkan untuk diulang tiga kali, dengan khusyuk, tawadhu, tadharru, dan penuh keyakinan kepada Allah, bahwa Allah Maha Mengijabah doa.

Tidak ada bacaan doa khusus dalam prosesi Arafah. Ada banyak pilihan hadis Nabi untuk doa Arafah. Tapi dalam banyak hadis Nabi tidak pernah meninggalkan bacaan tahlil.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)