Peristiwa Penyembelihan Kambing Paling Dahsyat, Ini Kisahnya

Selasa, 04 Juli 2023 - 22:14 WIB
loading...
Peristiwa Penyembelihan Kambing Paling Dahsyat, Ini Kisahnya
Salah satu kisah penyembelihan kambing paling dahsyat diceritakan dalam hadis Nabi. Foto ilustrasi/dok Filaha Farm
A A A
Umat Islam baru saja melaksanakan ibadah kurban di Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah. Penyembelihan hewan kurban ini sudah ada sejak zaman Nabi.

Ibadah kurban bukanlah ritual tahunan semata. Hendaknya umat Islam mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa penyembelihan hewan kurban itu untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Tahukah Anda, peristiwa penyembelihan kambing paling dahsyat kelak diperlihatkan Allah kepada manusia. Berikut kisahnya diceritakan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq, Dai yang juga Pengasuh Ma'had Subulana Bontang Kalimantan Timur.

Pada Hari Kiamat nanti, kematian akan didatangkan dalam rupa seekor kambing yang berwarna putih bersih. Lalu dia diletakkan di antara surga dan neraka.

فَيُقَالُ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا فَيَشْرَئِبُّونَ وَيَنْظُرُونَ وَيَقُولُونَ نَعَمْ هَذَا الْمَوْتُ

Kemudian dikatakan: "Wahai penduduk surga, tahukah kalian apakah ini?" Penduduk surga memandang kepada penyeru itu lalu berkata: "Ya, itu adalah Al-Maut (kematian)."

قَالَ وَيُقَالُ يَا أَهْلَ النَّارِ هَلْ تَعْرِفُونَ هَذَا قَالَ فَيَشْرَئِبُّونَ وَيَنْظُرُونَ وَيَقُولُونَ نَعَمْ هَذَا الْمَوْتُ

Dan dikatakan lagi: "Wahai penduduk neraka, tahukah kalian apakah ini?" Lalu penduduk neraka memandangnya lalu mereka berkata: "Ya, itu adalah Al-Maut (kematian)."

قَالَ فَيُؤْمَرُ بِهِ فَيُذْبَحُ قَالَ ثُمَّ يُقَالُ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ خُلُودٌ فَلَا مَوْتَ وَيَا أَهْلَ النَّارِ خُلُودٌ فَلَا مَوْتَ

Maka diperintahkan terhadap kematian (yang berwujud kambing tersebut) untuk disembelih. Kemudian dikatakan: "Wahai penduduk surga, kekallah kalian di dalamnya tanpa ada lagi kematian."

Dan dikatakan: "Wahai penduduk neraka, kekallah kalian tanpa ada lagi kematian!"

قَالَ ثُمَّ قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Kemudian Rasulullah ﷺ melanjutkan sabdanya dengan membaca ayat berikut:

وَأَنْذِرْهُمْ يَوْمَ الْحَسْرَةِ إِذْ قُضِيَ الْأَمْرُ وَهُمْ فِي غَفْلَةٍ وَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Artinya: "Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, yaitu ketika segala perkara telah diputus. Dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak pula beriman." (QS. Maryam Ayat 39)

وَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى الدُّنْيَا

"Lalu Nabi Muhammad ﷺ mengisyaratkan dengan tangannya kepada dunia ini." (HR Muslim)

Demikian peristiwa penyembelihan kambing paling dahsyat yang dalam riwayat di atas disebut Al-Maut (kematian). Semoga kita termasuk orang-orang yang diselematkan Allah pada Hari Kiamat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3102 seconds (0.1#10.140)