Cuaca Panas, Jemaah Haji Diimbau Tidak Salat Jumat di Masjidilharam

Jum'at, 07 Juli 2023 - 14:52 WIB
loading...
Cuaca Panas, Jemaah Haji Diimbau Tidak Salat Jumat di Masjidilharam
Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengimbau jemaah haji agar melaksanakan Salat Jumat di masjid terdekat Masjidilharam maupun hotel. Cuaca di Kota Makkah saat ini sangat panas. Foto/MCH
A A A
MAKKAH - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengimbau jemaah haji agar melaksanakan Salat Jumat di masjid terdekat Masjidilharam maupun hotel. Cuaca di Kota Makkah saat ini sangat panas.

"Ya, betul. Tadi awalnya Direktur yang terkait dengan urusan haji Arab Saudi telepon ke kami agar menyampaikan pesan kepada jemaah untuk melaksanakan salat di masjid hotel atau masjid-masjid dekat hotel," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, Jumat (7/7/2023).

Imbauan tersebut penting mengingat cuaca di Kota Makkah sangat panas. Menurut Nasrullah, keselamatan jemaah menjadi prioritas utama. "Karena cuaca sangat panas demi keselamatan jemaah," ucap Nasrullah.

Sebelumnya, beredar pesan singkat di grup WhatsApp agar jemaah haji Salat Jumat di masjid-masjid terdekat hotel dari Kementerian Saudi yang mengurus haji dan umrah. Edaran dalam bahasa Arab itu menyebut imbauan untuk Salat Jumat tidak di Masjidiharam demi keselamatan jemaah.

Pihaknya menyatakan, imbauan itu bersifat mendesak dan penting mengingat cuaca sangat panas dan suhu tinggi pada saat melaksanakan Salat Jumat.

Berdasarkan pantauan di laman resmi Accu Weather disebutkan, cuaca di Arab Saudi, khususnya Masjidilharam pada hari ini Jumat, 7 Juli 2023 berada pada suhu 41-45°C. Ini berbeda jauh dengan suhu di Indonesia yang rata-rata berada pada 27-31°C.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)