Kadaker Madinah: Tasrih Masuk Raudhah Jemaah Haji Gelombang Dua Disiapkan

Minggu, 09 Juli 2023 - 19:02 WIB
loading...
Kadaker Madinah: Tasrih Masuk Raudhah Jemaah Haji Gelombang Dua Disiapkan
Daker Madinah bersiap menyambut kedatangan jemaah haji gelombang dua dari Makkah. Salah satunya menyiapkan pelayanan ke Raudhah yang berada di Masjid Nabawi. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Daerah Kerja (Daker) Madinah bersiap menyambut kedatangan jemaah haji gelombang dua dari Makkah. Salah satunya menyiapkan pelayanan ke Raudhah atau Taman Surga yang berada di Masjid Nabawi.

"Secara umum pelayanan yang kita berikan sama dengan jemaah gelombang pertama bahwa mereka akan melaksanakan ziarah ke Raudhah. Kita sudah siapkan tasrih," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Zaenal Muttaqien, Minggu (9/7/2023)

Hingga kini, pihaknya telah menginput data jemaah sebanyak 36 kloter agar mendapatkan tasrih. "Jadi hari pertama tanggal 10 kedatangan, 11-12 Juli itu kita siapkan mereka terlebih dahulu. Jadi tanggal 13 hari pertama kemungkinan insyaallah untuk 17 kloter yang akan keluar tasrihnya," ujarnya.



Selain menyiapkan tasrih, PPIH Daker Madinah juga menyiapkan sejumlah pelayanan lainnya yakni akomodasi dan katering. Termasuk memantau pergerakan bus jemaah haji dengan menggunakan Global Positioning System (GPS).

"Kita juga sudah koordinasi dengan majmuah, perusahaan-perusahaan hotel yang akan menerima jemaah. Kita berharap mereka sudah siap untuk menerima kedatangan jemaah," ucapnya.

Begitu juga dengan pihak perusahaan catering, ada 21 perusahaan yang akan menyediakan katering bagi jemaah haji gelombang dua.

Seperti diketahui, jumlah jemaah haji gelombang kedua yang tiba di Madinah dari Makkah lebih banyak dibandingkan gelombang pertama.

"Kalau yang pertama 101.000. Gelombang kedua ini sekitar 109.000 atau 108.000 jemaah. Belum nanti kalau ada tambahan lagi. Jumlahnya sekitar 295 kloter. Gelombang pertama sekitar 263 kloter, gelombang kedua lebih banyak jumlahnya," kata Zaenal.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)