Rayakan Asyura: Ribuan Kaum Syiah Iran Lakukan Ritual Berkabung

Jum'at, 28 Juli 2023 - 16:05 WIB
loading...
Rayakan Asyura: Ribuan Kaum Syiah Iran Lakukan Ritual Berkabung
Ribuan orang berkumpul di depan Masjid Alaghapy di Ardabil, Iran barat laut, pada 27 Juli 2023. Foto/Ilustrasi: Presstv
A A A
TEHERAN - Ribuan kaum Syiah Iran merayakan Asyura, yakni memperingati syahidnya Imam Hussein , cucu Nabi Muhammad SAW . Press TV melaporkan Asyura atau hari ke 10 bulan lunar Muharram, jatuh pada hari Jumat di Iran tahun ini.

Muslim Syiah mengadakan ritual berkabung untuk mengenang Imam Hussein yang syahid bersama 72 rekannya dalam Pertempuran Karbala, di Irak selatan, pada 680 M. Mereka berpakaian hitam.

Warga Iran mengadakan prosesi berkabung di seluruh negeri dan mendengarkan elegi yang menceritakan peristiwa tragis dalam memperingati Asyura, sementara para dermawan mendistribusikan makanan nazar, yang secara umum dikenal sebagai nazri.

Pada malam Asyura, yang dikenal sebagai Tasu'a, pelayat mengenang Abbas ibn Ali, saudara tiri Imam Hussein, yang syahid sesaat sebelum Imam Hussein ketika dia mencoba membawakan air untuk wanita dan anak-anak di kamp Imam.

Setiap tahun, ratusan ribu peziarah dari Iran dan negara-negara lain menuju ke kota suci Najaf dan Karbala di Irak, di tempat Imam Hussein.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)