Kisah Ulama Meninggal Dunia Saat Berkhotbah di Atas Mimbar

Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:27 WIB
loading...
Kisah Ulama Meninggal Dunia Saat Berkhotbah di Atas Mimbar
Kisah ulama meninggal dunia saat berkhotbah atau memimpin sholat termasuk di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kisah para ulama terdahulu cukup menarik untuk diulas karena sarat dengan hikmah. Bahkan kematian mereka patut dicemburui.

Seperti kisah ulama asal Andalusia meninggal dunia ketika berkhotbah di atas mimbar. Kisah ini diceritakan oleh Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi dalam bukunya "100 Kisah Menarik Penuh Ibrah".

Ibnu Khallikan menceritakan dalam biografi Abdullah bin Abi Jamrah, seorang khatib dari Gharnath bermazhab Maliki. Suatu hari berkhotbah pada hari Jumat lalu jatuh dari atas mimbar dan meninggal dunia. Kematiannya dijadikan sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah. Peristiwa langka itu terjadi sekitar Tahun 710 Hijriyah.

Yaqut al-Hamawi menceritakan dalam Mu'jamul Udaba' dari Abu Zakariya bahwa beliau pernah menyaksikan di salah satu masjid jami' Kota Andalusia, ada seorang khatib yang naik mimbar pada hari Jumat. Baru sesaat berkhotbah lalu dia meninggal dunia di atas mimbar sehingga diturunkan dan diganti oleh orang lain yang berkhotbah dan (mengimami) sholat Jumat.

Jamaluddin asy-Syibi mengatakan dalam muqaddimah kitabnya asy-Syaraful A'la fi Dzikri Qubur Maqbarah Ma'la, "Ketahuilah bahwa kondisi apa pun pasti ada cerita seorang meninggal dalam kondisi tersebut sampai dalam kondisi jima' sekalipun sebagaimana terjadi di Yaman dan Mesir dan cerita-cerita orang terpercaya kepadaku kecuali di atas mimbar, saya belum tahu ada seorang yang meninggal dunia di atas mimbar."

Peristiwa serupa juga pernah dialami seorang imam masjid di sebuah provinsi di Mesir, Mohammad Marwan (55). Beliau meninggal dunia saat memimpin jamaah sholat Tarawih. Imam Mohammad jatuh pingsan saat mengimami sholat Tarawih pada Rabu malam di sebuah desa di Provinsi Delta Menufia, utara Kairo. Ratusan penduduk desa menghadiri pemakamannya.

Tahun 2021 lalu kita juga dikejutkan dengan meninggalnya Ustaz Juriono usai memimpin sholat Idul Fitri di Dusun Dalangan, Desa Ngemplak, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Usai memimpin doa, tiba-tiba beliau terjatuh pingsan dan tersungkur di atas mimbar.

Semoga Allah memberikan anugerah kepada kita husnul khatimah dan menjauhkan kita semua dari su'ul khatimah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4169 seconds (0.1#10.140)