Asbabun Nuzul Az Zariyat Ayat 54 dan 55

Rabu, 02 Agustus 2023 - 10:31 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Az Zariyat Ayat 54 dan 55
Surat Az Zariyat merupakan surah ke-51 dalam Al Quran yang terdiri dari 60 ayat dan tergolong ke dalam surah Makkiyah. Dalam surat ini banyak menyinggung tentang tujuan diciptakannya bangsa jin dan manusia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Az Zariyat merupakan surah ke-51 dalam Al Qur'an yang terdiri dari 60 ayat dan tergolong ke dalam surah Makkiyah. Dalam surat ini banyak menyinggung tentang tujuan diciptakannya bangsa jin dan manusia.

Terlepas dari kandungan yang dimiliki surat Az Zariyat, umat muslim perlu terlebih dahulu mengetahui asbabun nuzul atau sebab turunnya surat.

Asbabun nuzul surat Az Zariyat ini dijelaskan dalam beberapa riwayat. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa terdapat sebab turunnya ayat 54 dan 55 dari surat Az Zariyat.

Allah SWT Berfirman :

فَتَوَلَّ عَنْهُمْ فَمَآ أَنتَ بِمَلُومٍ,وَذَكِّرْ فَإِنَّ ٱلذِّكْرَىٰ تَنفَعُ ٱلْمُؤْمِنِينَ


Artinya : "Maka berpalinglah kamu dari mereka dan kamu sekali-kali tidak tercela. Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman." (QS Az Zariyat : 54-55)

Dilansir dari buku "Asbabun Nuzul : Sebab Sebab Turunnya Ayat Al Qur'an Imam As-Suyuthi", menurut riwayat Ibnu Mani', Ibnu Rahawalih, Al-Haitsam bin Kulaib dalam Musnad-nya dari jalur Mujahid dari Ali, dia mengatakan ;

Tatkala turun ayat,"Maka berpalinglah kamu dari mereka." maka tidak ada satupun dari kami melainkan yakin akan binasa, sebab Rasulullah SAW diperintahkan supaya berpaling dari kami.

Maka turunlah ayat, "Dan tetaplah memberi peringatan karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman." Maka hati kami menjadi tenang.

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Qatadah, dia mengatakan;

Disebutkan kepada kami bahwasannya tatkala turun ayat, "Maka berpalinglah dari mereka." hal ini dirasa berat oleh para sahabat Rasulullah SAW. Mereka memandang bahwa wahyu telah terputus dan siksaan akan segera datang. Maka Allah SWT menurunkan ayat, "Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya periongatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman."

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)