Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
loading...
Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
Mad Tamkin merupakan salah satu bagian dari 15 hukum bacaan Mad. Foto ilustrasi/dok Kelas Ngaji
A A A
Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Qur'an.

Mad Tamkin menjadi salah satu bagian dari 15 hukum bacaan Mad. Lebih spesifiknya adalah satu dari 14 turunan Mad Far'i.

Dalam pengertiannya, Mad Far'i adalah hukum mad tambahan dari mad asli atau Mad Tabi'i. Supaya lebih paham tentang hukum bacaan Mad Tamkin, berikut ini ulasan pengertian hingga contohnya.

Pengertian dan Hukum Bacaan Mad Tamkin
Secara bahasa, Mad artinya panjang. Sementara tamkin adalah menempatkan. Terdapat beberapa syarat mengapa sebuah bacaan dikenai hukum Mad Tamkin, di antaranya adalah:

- Bertemunya huruf hijaiyah berharakat kasrah (ـــــِـــ) dengan huruf ya sukun ( يْ ), dan huruf setelahnya adalah ya berharakat (يَ , يِ , يُ).

- Bertemunya huruf hijaiyah berharakat dhammah (ـــــــُــــــ) dengan huruf wau sukun ( وْ ), dan setelahnya terdapat huruf wau berharakat (وَ, وِ, وُ).

Apabila menemukan bacaan yang memiliki karakteristik yang telah disebutkan di atas, maka cara membacanya adalah dengan memanjangkan satu alif atau dua harakat.

Contoh Bacaan Mad Tamkin
Untuk lebih memahami hukum bacaan Mad Tamkin, berikut ini beberapa contoh bacaan dari Al-Qur'an :

1. فِي الْأُمِّيِّينَ سَبِيلٌ

Surat Ali Imran ayat 75, dalam bacaan tersebut terdapat pertemuan antara huruf mim kasrah dengan ya sukun dan diikuti dengan huruf ya kasrah.

2. أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا

Surat Yusuf ayat 101, dalam bacaan tersebut ada pertemuan antara lam kasrah dengan ya sukun dan diikuti dengan ya kasrah.

3. عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ

Surat An-Nisa ayat 69, dalam bacaan tersebut ada pertemuan antara ba kasrah dengan Ya sukun dan diikuti dengan huruf Ya kasrah.

4. وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ الْحَقِّ

Surat Al-Baqarah ayat 61, dalam bacaan tersebut ada pertemuan huruf ba kasrah dengan Ya sukun dan diikuti dengan huruf Ya kasrah.

5. وَإِذْ أَخَذْنَا مِنَ النَّبِيِّينَ مِيثَاقَهُمْ

Surat Al-Ahzab ayat 7, dalam bacaan tersebut terdapat pertemuan antara huruf ba kasrah dengan Ya sukun dan diikuti dengan huruf Ya kasrah.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)