Asbabun Nuzul Surat Ar Rum 1-2, Berkaitan dengan Kekalahan Bangsa Romawi

Senin, 07 Agustus 2023 - 11:20 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Ar Rum 1-2, Berkaitan dengan Kekalahan Bangsa Romawi
Surat Ar Rum merupakan surah ke-30 dalam Al Quran, pada awal surat ini menjelaskan tentang kekalahan bangsa Romawi. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Surat Ar Rum merupakan surah ke-30 dalam Al Qur'an yang terdiri dari 60 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Pada awal surat ini menjelaskan tentang kekalahan kekalahan bangsa Romawi.

Allah SWT Berfirman :

الٓمّٓ,غُلِبَتِ الرُّوۡمُۙ‏


Artinya : "Telah dikalahkan bangsa Romawi." (QS Ar Rum : 1-2)

Asbabun nuzul atau sebab turunnya surat Ar Rum ayat 1-2 terbagi dalam dua riwayat. Salah satunya menyebutkan bahwa bangsa Romawi telah mengalahkan bangsa Persia, sedangkan riwayat kedua menyebutkan bahwa bangsa Romawi telah dikalahkan bangsa Persia.

Dilansir dari buku "Asbabun Nuzul : Sebab Sebab Turunnya Ayat Al Qur'an Imam As-Suyuthi", At Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Sa'id, dia mengatakan ;

Tatkala perang Badar, bangsa Romawi mampu mengalahkan bangsa Persia. Hal itu membuat orang-orang mukmin merasa heran. Maka turunlah ayat, "Telah dikalahkan bangsa Romawi..." hingga firman-Nya, "Karena pertolongan Allah..." (Ar Rum : 2-5)

Riwayat yang pertama ini mengikuti qiraah ghalabat dengan fathah karena ayat ini turun pada saat mereka mendapatkan kemenangan yaitu saat perang Badar.

Terdapat pula riwayat yang mengikuti qiraat dhammah. Maka maknanya adalah bahwa orang-orang Romawi setelah mereka mengalahkan Persia, mereka akan dikalahkan oleh orang-orang Muslim, sehingga maknanya sesuai. Jika tidak demikian maka tidak akan memiliki makna yang berarti.

Sementara riwayat yang mengatakan bahwa bagsa Romawi telah dikalahkan bangsa Persia berasal dari Ibnu Abi Hatim yang meriwayatkan dari Ibnu Syihab, dia mengatakan ;

Kami mendengar bahwa orang-orang musyrik mendebat orang-orang Islam ketika masih berada di Makkah yaitu sebelum Rasulullah SAW keluar berhijrah. Mereka kemudian mengatakan : orang-orang Romawi bersaksi bahwa mereka adalah ahli kitab.

Sedangkan mereka telah dikalahkan oleh orang-orang Majusi. Sedangkan kalian bisa menyangka bahwa kalian bisa mengalahkan kami dengan adanya Al Kitab yang diturunkan kepada Nabi kalian.

Bagaimana dengan orang-orang Majusi yang mengalahkan orang-orang Romawi yang Ahli Kitab? Kami akan mengalahkan kalian sebagaimana orang-orang Persia mengalahkan orang-orang Romawi. Maka turunlah Surat Ar Rum ayat 1 dan 2.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)