Hukum Bacaan Tajwid Surat Yasin Ayat 40-41 dan Cara Membacanya

Senin, 07 Agustus 2023 - 21:37 WIB
loading...
Hukum Bacaan Tajwid Surat Yasin Ayat 40-41 dan Cara Membacanya
Surat Yasin termasuk surat yang agung dalam Al-Quran terdiri 83 ayat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kali ini kita akan membahas hukum bacaan tajwid Surat Yasin ayat 40-41. Mempelajari ilmu tajwid hukumnya wajib bagi setiap muslim.

Surat Yasin termasuk surat yang agung dalam Al-Qur'an terdiri 83 ayat. Kandungannya berisi Tauhid dan keimanan yang dirangkai dalam ayat-ayat yang pendek. Dalam satu riwayat disebutkan, siapa yang membaca Surat Yasin karena mengharapkan keridhaan Allah, maka Allah mengampuninya.

Berikut Hukum Bacaan Tajwid Surat Yasin Ayat 40-41:

Surat Yasin Ayat 40

لَا الشَّمۡسُ يَنۡۢبَغِىۡ لَهَاۤ اَنۡ تُدۡرِكَ الۡقَمَرَ وَلَا الَّيۡلُ سَابِقُ النَّهَارِ‌ؕ وَكُلٌّ فِىۡ فَلَكٍ يَّسۡبَحُوۡنَ

Lasy Syamsu yambaghii lahaaa an tudrikal qamara wa lal-lailu saabiqun nahaar, wa kullun fii falakiy yasbahuun.

Artinya: "Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya." (QS Yasin Ayat 40)

1. Alif Lam Syamsiyah
Bacaan لَا الشَّمۡسُ ada hukum Alif Lam Syamsiyah. Yaitu Alif Lam bertemu dengan huruf Syim (huruf Syamsiyyah). Cara membacanya huruf Lam dimasukkan ke huruf Syin menjadi "Lasy Syamsu".

2. Izhar
Pada kalimat لَا الشَّمۡسُ terdapat hukum Izhar. Yaitu huruf Mim mati bertemu dengan huruf Sin. Cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas yaitu, Lasy Syamsu.

3. Iqlab
Pada kalimat يَنۡۢبَغِىۡ terdapat hukum tajwid Iqlab. Yaitu huruf Nun mati bertemu dengan huruf Ba. Cara membacanya suara Nun mati atau tanwin diubah menjadi suara Mim, menjadi: "Yambaghii".

4. Mad Thabi'i (Mad Asli)
Masih pada kalimat يَنۡۢبَغِىۡ terdapat hukum Mad Thabi'i. Yaitu huruf Ya mati berbaris kasrah. Cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat menjadi: "Yambaghii".

5. Mad Jaiz Munfasil
Pada kalimat لَهَاۤ terdapat hukum Mad Thabi'i. Yaitu Mad yang dalam satu kalimat bertemu dengan hamzah yang ada di kalimat yang lain. Dibaca panjangnya 2 sampai 5 harakat: "Lahaaaa".

6. Ikhfa
Pada kalimat اَنۡ تُدۡرِكَ terdapat huku Ikhfa. Yaitu Nun mati bertemu dengan huruf Ta. Cara membacanya, Nun mati dibaca antara izhar dan idgham: "Ann-tudrika".

7. Qalqalah Sugra
Pada kalimat تُدۡرِكَ terdapat Qalqalah Sugra. Yaitu huruf Dal mati (sukun). Dibaca dengan memantulkan hurud Dal dengan lembut: "Tudrika".

8. Tarqiq
Pada kalimat تُدۡرِكَ juga terdapat hukum Tarqiq. Yaitu huruf Ra kasrah. Cara membacanya huruf Ra dibaca tipis.

9. Alif Lam Qomariyah
Pada kalimat اَنۡ تُدۡرِكَ الۡقَمَرَ terdapat hukum Alif Lam Qomariyah. Yaitu Alif Lam bertemu dengan huruf Qof (huruf Qomariyah). Cara membacanya Lam mati dibaca jelas menjadi: "An Tudrikal-Qomar"

10. Tafhim
Kata الۡقَمَرَ dibaca Tafhim tepatnya pada huruf Ra fatah. Cara membacanya huruf Ra dibaca tebal menjadi "Al-Qomaro".

11. Alif Lam Syamsiyah
Pada bacaan َلَا الَّيۡلُ dibaca Alif Lam Syamsiyah. Yaitu huruf Alif Lam bertemu dengan huruf Lam (huruf Syamsiyah). Cara bacanya huruf Lam dimasukan ke huruf Lam menjadi: "Lallailu".

12. Mad Thabi'i
Pada bacaan سَابِقُ terdapat hukum Mad Thab'i. Yaitu Alif mati berbaris fatah. Cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat menjadi: "Saabiqu".

13. Alif Lam Syamsiyah
Pada kalimat سَابِقُ النَّهَار terdapat hukum Alif Lam Syamsiyah. Yaitu huruf Alif Lam bertemu dengan Nun (huruf Syamsiyah). Cara membacanya, huruf Lam dimasukkan ke huruf Nun menjadi: "Saabiqun-Nahaar."

14. Mad Aridh Lissukun
Pada bacaan النَّهَارِ‌ؕ terdapat hukum Mad Arid Lisukun. Yaitu Mad Thabi'i bertemu dengan satu huruf hidup yang berada di akhir kalimat. Huruf yang di akhir kalimat itu mati jika diwaqafkan. Cara mebacanya panjangnya 2 sampai 6 harakat menjadi: "An-Nahaar"
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)