Tadabur Ayat Al-Qur'an: Surat Al-Kahfi Ayat 7 tentang Dunia dan Perhiasannya

Kamis, 10 Agustus 2023 - 23:56 WIB
loading...
Tadabur Ayat Al-Quran: Surat Al-Kahfi Ayat 7 tentang Dunia dan Perhiasannya
Keutamaan membaca dan menghafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. Foto/ist
A A A
Tadabur ayat Al-Qur'an kali ini mengulas tentang ujian menyikapi dunia dan perhiasannya dalam Surat Al-Kahfi Ayat 7.
Disebutkan dalam Hadis yang shahih, keutamaan membaca dan menghafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. (HR Muslim)

Mari kita simak tadabur Surat Al-Kahf Ayat 7 berikut tafsirnya. Allah berfirman:

اِنَّا جَعَلۡنَا مَا عَلَى الۡاَرۡضِ زِيۡنَةً لَّهَا لِنَبۡلُوَهُمۡ اَ يُّهُمۡ اَحۡسَنُ عَمَلًا

Innaa ja'alnaa ma 'alal ardhi ziinatal lahaa linabluwahum ayyuhum ahsanu 'amalaa.

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya." (Surat Al-Kahfi Ayat 7)

Penjelasan
Dalam tafsir ringkas Kementerian Agama disebutkan bahwa Allah menerangkan segala yang ada di bumi diciptakan sebagai perhiasan. Baik itu binatang, tumbuhan dari berbagai jenis di lautan dan di daratan, maupun barang-barang tambang beraneka ragam dan sebagainya. Semua itu untuk menguji manusia apakah perhiasan-perhiasan bumi itu dapat membuatnya tunduk kepada Allah, untuk kemudian menaati perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Apabila mereka memanfaatkan semua benda-benda alam, hewan, dan tumbuh-tumbuhan itu untuk pengabdian kepada Allah dan kemaslahatan manusia, maka Allah memberi mereka pahala besar. Sebaliknya, jika mereka mendurhakai Allah dan merusak peradaban dan kemanusiaan, maka Allah akan menimpakan kepada mereka azab yang besar pula.

Sejarah umat manusia membuktikan bahwa mereka selalu berlomba-lomba memperoleh benda-benda perhiasan bumi itu untuk sumber penghidupan. Tak jarang, manusia saling berbunuh-bunuhan satu sama lain yang akhirnya menimbulkan kehancuran.

Demikianlah, barang siapa yang dapat memahami dan mengambil pelajaran serta hikmah dari benda-benda hiasan bumi itu akan berbahagia di dunia dan di akhirat. Allah berfirman: "Tidakkah engkau memperhatikan bahwa Allah menundukkan bagimu (manusia) apa yang ada di bumi dan kapal yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya." (QS Al-Hajj ayat 65)

Dalam Hadis Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya dunia ini manis dan hijau. Dan sesungguhnya Allah menunjuk kamu sebagai penguasa di atasnya, lalu Dia melihat apa yang kamu kerjakan." (HR Muslim dari Abu Sa'id al-Khudri)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)