Kumpulan Artikel: Tafsir Surat Al Kahfi

  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi Ayat 109: Luasnya Ilmu Allah Tiada Terhingga
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 23:58 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi Ayat 109 menarik untuk ditadabburi umat muslim. Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa ilmu-Nya sangat luas tiada terhingga.
  • Tadabur Ayat Al-Quran: Surat Al-Kahfi Ayat 7 tentang Dunia dan Perhiasannya
    Tausyiah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 23:56 WIB
    Tadabur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang ujian menyikapi dunia dan perhiasannya dalam Surat Al-Kahfi Ayat 7. Berikut tafsirnya.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 1, Pujian kepada Allah yang Telah Menurunkan Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 23:05 WIB
    Surat Al-Kahfi ayat 1 termasuk ayat-ayat yang agung karena berisi pujian kepada Allah yang telah menurunkan Kitab suci Al-Quran. Berikut penjelasan tafsirnya.
  • Al-Kahfi Ayat 45: Kehidupan Dunia Ibarat Air Hujan, Begini Maksudnya
    Tausyiah
    Rabu, 21 Desember 2022 - 16:54 WIB
    Dalam Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 45 Allah Taala menyerupakan kehidupan dunia ini seperti air. Apa maksudnya? Yuk simak penjelasan berikut ini.
  • Nama 7 Pemuda Ashabul Kahfi yang Tidur di Gua Selama 309 Tahun
    Hikmah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 22:24 WIB
    Kisah tujuh pemuda yang mendiami gua (Ashabul Kahfi) termasuk kisah menakjubkan dan tanda-tanda kebesaran Allah. Kisah ini diceritakan dalam Surat Al-Kahfi ayat 9-26.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Letak Gua Ashabul Kahfi yang Ada di Surat Al Kahfi
    Tausyiah
    Selasa, 15 November 2022 - 02:35 WIB
    Letak gua ashabul kahfi yang ada di surat Al-Kahfi diisyarakan pada ayat 17. Ayat ini mengulas tempat tinggal pemuda ashabul kahfi, mereka mendiami gua yang berada di sebuah gunun.
  • Arti Surat Al-Kahfi Ayat 10 Beserta Tafsirnya
    Tausyiah
    Rabu, 09 November 2022 - 21:29 WIB
    Arti Surat Al-Kahfi ayat 10 beserta tafsirnya menarik untuk diulas karena di dalamnya terdapat hikmah. Surat ini mengingatkan kita tentang kisah Ashabul Kahfi yang berlindung di gua.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 27 dan Ketika Kaum Musyrik Memesan Ayat Sesuai Keinginannya
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 16:51 WIB
    Allah SWT memerintahkan Rasul-Nya agar membacakan Al-Quran yang diwahyukan kepadanya, mengamalkan isinya, menyampaikan kepada umat manusia, dan mengikuti perintah dan larangan yang tercantum di dalamnya.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 25-26: Berapa Lama Ashabul Kahfi Tinggal di Gua?
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 15:54 WIB
    Ashabul Kahfi tidur dalam gua selama 300 tahun menurut perhitungan ahli kitab berdasarkan tahun syamsiah atau 309 tahun menurut perhitungan orang Arab berdasar bilangan tahun qamariah.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 23 dan Ketika Allah Taala Menegur Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Juni 2022 - 20:57 WIB
    Dalam ayat ini dijelaskan satu peristiwa di zaman Rasulullah SAW ketika beberapa orang Quraisy bertanya kepada Nabi tentang roh, kisah penghuni gua dan kisah Zulkarnain.
  • Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 22 dan Debat Jumlah Penghuni Gua yang Tidur Panjang
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:26 WIB
    Allah SWT menjelaskan perselisihan pendapat yang terjadi pada masa Rasulullah SAW mengenai kisah Ashhabul Kahfi tertuang dalam Surah Al-Kahfi ayat 22
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 21 dan Kisah Uang Bergambar Raja Decyanus
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 19:20 WIB
    Surah Al-Kahfi ayat 21 ini mengisahkan tentang salah satu pemuda Ashabul Kahfi yakni Tamlikha untuk pergi berbelanja dengan membawa uang perak dari kawan-kawannya. Dalam tafsir ayat ini Tamlikha merasa terkejut akan perubahan kota.
  • Tafsir Surah Al-Kahfi ayat 17-18 dan Misteri Gua Ashabul Kahfi
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 17:23 WIB
    Surah Al-Kahfi ayat 17-18 mengulas tempat tinggal pemuda ashabul kahfi, mereka mendiami gua yang berada di sebuah gunung. Digambarkan dalam surat ini bahwa gua tersebut menghadap ke utara.
  • Arti dan Manfaat Ucapan Masya Allah Tabarakallah
    Tips
    Selasa, 17 Mei 2022 - 09:48 WIB
    Dalam pergaulan kaum muslimin, tentu tidak asing dengan ucapan Masya Allah dan Tabarakallah. Kata tersebut sering kita dengar ketika berbicara dengan teman dalam kehidupan sehari-hari
  • Doa 7 Pemuda Penghuni Gua dalam Surat Al-Kahfi, Ini Fadilahnya
    Hikmah
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 21:53 WIB
    Surat Al-Kahfi dikenal dengan kisah tujuh pemuda beriman di dalam gua selama 309 tahun. Kisah mereka diabadikan dalam Al-Quran berikut doa yang mereka panjatkan.
  • 4 Jenis Fitnah yang Tercantum dalam Surat Al-Kahfi
    Tausyiah
    Selasa, 10 Mei 2022 - 18:10 WIB
    Surat Al Kahfi masuk katagori madaniyah dan banyak menjelaskan tentang kehidupan manusia dan problemnya. Misalnya, surat ini memberi pelajaran tentang bahaya fitnah yang melanda.
  • Isyarat Al-Quran Perihal Misteri Waktu dan Tempat Gua Ashabul Kahfi
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 16:13 WIB
    Di dalam Al-Quran tidak disebutkan lokasi persisnya gua tempat bersembunyi Ashaba Al-Kahfi. Sejumlah pakar mencoba mengungkap tempat dan waktu peristiwa tersebut melalui isyarat-isyarat Al-Quran.
  • Tafsir Al-Kahfi Ayat 9, Kisah 7 Pemuda Tertidur di Gua 300 Tahun
    Hikmah
    Kamis, 23 September 2021 - 17:49 WIB
    Salah satu kisah menakjubkan diceritakan Allah dalam Surat Al-Kahfi ketika 7 pemuda bersama raqimnya tertidur di dalam gua selama 300 tahun (hitungan kalender Masehi).
  • Tafsir Al-Kahfi Ayat 1-10: Siapa yang Membacanya Dilindungi dari Dajjal
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 18:28 WIB
    Surat Al-Kahfi terdiri atas 110 ayat dan diturunkan di Makkah (surat Makkiyyah). Dinamai Al-Kahfi (gua) karena bercerita tentang kisah para penghuni Gua. Berikut tafsirnya: