alexametrics

HARI RAYA IDUL ADHA 2020

Inilah Penampilan Terbaik Muslimah Saat Salat Ied

loading...
Inilah Penampilan Terbaik Muslimah Saat Salat Ied
Saat akan melaksanakan Salat Ied, muslimah dianjurkan memakai pakaian terbaik dan berhias diri, namun tanpa tabarruj dan memakai wangi-wangian. Foto ilustrasi/ist
Dalam salat, seorang muslimah dianjurkan lebih mempercantik diridengan hiasan (pakaian yang pantas-red), terutama dalam salat Jumat, salat jamaah dan salat Ied. Anjuran berpenampilan sempurna untuk salat ini, karena merupakan hak Allah Ta'ala.

Alah Ta'ala berfirman :

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS Al-Araf 31)



Pakaian yang menghias diri itu minimal menutupi aurat. Seseorang tidak diperkenankan melaksanaan salat atau thawaf di Baitullah dalam keadaan telanjang, meskipun dia salat sendirian di ruangan yang gelap. Bagi muslimah, tidak diperkenankan salat tanpa memakai kerudung sekalipun dia salat sendirian di rumahnya, beda halnya jika dia berada di luar salat.

Menjelang perayaan Idul Adha, kaum muslimin juga disunnahkan melaksanakan salat Ied. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun mengajurkan baik muslim maupun muslimah sebelum melaksanakan salat Idul Adha ini, dengan mandi terlebih dahulu, berdandan dan berhias diri dengan berpakaian yang terbaik.(Baca juga :Adab dan Amalan Sunnah bagi Perempuan pada Hari Raya Idul Adha)



Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiyallahu‘anhu, ia berkata,

‘Umar mengambil sebuah jubah dari sutra. Dia membelinya di pasar. Kemudian dia memberinya untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam; beliau katakan, ‘Wahai Rasulullah, aku membeli jubah ini supaya engkau bisa ber-tajammul(mengenakannya untuk tujuan tampil bagus/tampan) ketika hari raya dan ketika menyambut tamu.’ Lantas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Ini adalah baju untuk orang yang tidak punya bagian (di surga).” (HR. Bukhari)

Selain itu, Nabi pun memakai minyak wangi yang paling harum. Inti dari anjuran tersebut adalah supaya saat salat Ied nanti umat dapat memperbaiki penampilannya.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
هُوَ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ يُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ثُمَّ لِتَكُوۡنُوۡا شُيُوۡخًا ؕ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى مِنۡ قَبۡلُ وَلِتَبۡلُغُوۡۤا اَجَلًا مُّسَمًّى وَّلَعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُوۡنَ
Dialah yang menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setetes mani, lalu dari segumpal darah, kemudian kamu dilahirkan sebagai seorang anak, kemudian dibiarkan kamu sampai dewasa, lalu menjadi tua. Tetapi di antara kamu ada yang dimatikan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) agar kamu sampai kepada kurun waktu yang ditentukan, agar kamu mengerti.

(QS. Ghafir:67)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak