10 Tanda-tanda Kiamat Besar, Perhatikan Urutannya

Senin, 14 Agustus 2023 - 06:45 WIB
loading...
10 Tanda-tanda Kiamat Besar, Perhatikan Urutannya
Sepuluh tanda-tanda Kiamat besar akan diawali dengan munculnya kabut asap (Dukhan) yang menimpa penduduk bumi. Foto ilustrasi/ist
A A A
10 tanda-tanda Kiamat besar perlu kita ketahui sebagai ibrah dan motivasi agar lebih taat kepada Allah. Hari Kiamat merupakan perkara yang wajib diyakini setiap muslim.

Dalil bahwa dunia ini akan binasa diabadikan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya: "Semua yang ada di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan." (QS. ar-Rahman: 26-27)

"Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan (yang dahsyat). Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya. Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?" Pada hari itu bumi menceritakan beritanya. Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya." (QS al-Zalzalah: 1-5)

10 Tanda Kiamat Besar
Banyak Hadis yang berbicara tentang Hari Kiamat dan tanda-tandanya. Adapun tanda Kiamat yang sudah muncul adalah seperti diutusnya Nabi Muhammad ﷺ. Bulan sudah pernah terbelah menjadi dua. Budak melahirkan majikannya. Banyak anak-anak menjadikan ibunya sebagai pelayan. Orang-orang yang dulunya beralas kaki kini meninggikan bangunan. Kemudian munculnya banyak pembohong dan orang yang mengaku Nabi. Banyaknya pertikaian, fitnah dan wafatnya para ulama.

Dalam sebuah Hadis Sahih yang diriwayatkan Imam Muslim disebutkan sepuluh tanda besar sebelum Kiamat terjadi.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya: "Dari Huzaifah ibnu Asid al-Ghifari, ia berkata, "Suatu saat, Rasulullah ﷺ pernah muncul dan menghampiri kami, ketika kami sedang berbicara. Maka Rasulullah bertanya, "Apa yang kalian sedang bicarakan?" Mereka menjawab: "Kami sedang membicarakan hari Kiamat". Rasulullah ﷺ bersabda: "Hari Kiamat tidak akan bangkit (terjadi) sampai kalian melihat sepuluh tanda. Rasulullah menyebutkan: "Keluarnya kabut asap (dukhan), Dajjal, binatang melata, terbit matahari dari arah ia terbenam, turunnya 'Isa putra Maryam, muncul Ya'juj dan Ma'juj, tiga buah peristiwa terbelahnya bumi, yaitu terbelah bumi di Masyriq, terbelah bumi di Maghribi, terbelah bumi di Jazirah Arab, yang terakhir adalah keluar api dari Yaman yang akan menggiring manusia ke tempat pengumpulan (Mahsyar) mereka." (HR Muslim)

Berikut Urutannya Berdasarkan Hadis di Atas:
1. Keluar Kabut Asap (Dukhan).
2. Keluarnya Dajjal.
3. Munculnya binatang melata (Dabbah).
4. Terbitnya Matahari dari Barat.
5. Turunnya 'Isa putra Maryam.
6. Keluranya Yajuj dan Majuj.
7. Terbelahnya bumi di Masyriq (Arah Timur).
8. Terbelahnya bumi di Maghribi (Arah Barat)
9. Terbelahnya Bumi di Jazirah Arab.
10. Keluarnya api dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Mahsyar.



Diawali Keluarnya Asap Dukhan
Peristiwa pertama yang menjadi tanda besar Hari Kiamat yaitu keluarnya asap (al-Dukhan) atau kabut. Allah telah berfirman dalam Al-Qur'an : "Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak nyata (jelas), yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih." (QS ad-Dukhan Ayat 10-11)

Imam An-Nawawi berpendapat, "Hadis (tentang sepuluh tanda sebelum Kiamat) memperkuat pendapat bahwa kabut mengenai nafas orang-orang kafir, dan menimpa mukmin dalam bentuk pilek, dan itu belum terjadi. Tanda ini terjadi menjelang hari Kiamat.

Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu'anhu, Nabi ﷺ bersabda:

يَأْتي النَّاسَ يَومَ القِيَامَةِ دُخَانٌ، فَيَأْخُذُ بأَنْفَاسِهِمْ حتَّى يَأْخُذَهُمْ منه كَهَيْئَةِ الزُّكَامِ

Artinya: "Akan datang Dukhan (asap) kepada manusia di hari Kiamat, yang memasuki pernapasan mereka, sehingga mereka akan merasakan seperti pilek." (HR Muslim 2798)

Dari Abu Malik Al-Asy'ari, Nabi bersabda: "Sesungguhnya Rabb kalian memperingatkan kalian dari tiga hal: asap yang jika mengenai orang Muslim maka mereka merasakan seperti pilek. Sedangkan jika mengenai orang kafir maka mereka akan sesak nafas dan keluar cairan dari kuping mereka, kemudian yang kedua munculnya Dabbah dan yang ketiga munculnya Dajjal." (HR at-Thabrani, dihasankan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya, 7/235)

Itulah peristiwa pertama yang akan terjadi menjelang Kiamat Kubro. Munculnya kabut ini merupakan peristiwa mengerikan yang akan menimpa penduduk bumi. Ketika masa ini terjadi lalu muncullnya Dajjal membawa fitnah besar dan seterusnya.

Itulah di antara tanda-tanda Kiamat besar yang patut diketahui umat muslim. Semoga Allah menguatkan iman kita dan melimpahkan taufik-Nya agar kita termasuk orang-orang yang beramal saleh.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)