3 Contoh Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023 yang Penuh Syukur dan Harapan

Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:50 WIB
loading...
3 Contoh Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023 yang Penuh Syukur dan Harapan
Bacaan doa malam tirakatan 17 Agustus menjadi informasi penting untuk diketahui. Khususnya bagi Anda yang hendak mengisi acara tirakatan peringatan proklamasi kemerdekaan tersebut. Foto ilustrasi/dok SINDOnews
A A A
Bacaan doa malam tirakatan 17 Agustus menjadi informasi penting untuk diketahui. Khususnya bagi Anda yang hendak mengisi acara tirakatan peringatan proklamasi kemerdekaan tersebut.

Peringatan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia akan segera tiba tak lama lagi. Tak hanya diisi oleh berbagai lomba atau kegiatan lain, banyak juga masyarakat yang biasanya mengadakan syukuran atau tirakatan pada malam peringatan itu.

Malam Tirakatan 17 Agustus biasa digelar setiap tanggal 16 Agustus malam. Acara ini dihadiri oleh para sesepuh dan pejabat desa, serta perwakilan warga setempat.

Adapun susunan acara Tirakatan 17 Agustus ini biasanya meliputi pidato, mengheningkan cipta, doa bersama, hingga dilanjutkan dengan makan bersama. Berikut sejumlah contoh doa malam tirakatan 17 Agustus yang bisa digunakan.

Doa Malam Tirakatan 17 Agustus 2023

1. Contoh Doa Malam Tirakatan 17 Agustus I

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil aalamiin. Hamdan syakiriin, hamdan na'imin, hamdan yuafi ni'amahu wayukafi'u mazidah. Ya rabbana lakalhamdu kama yambagi lijalali wajhika kariimi waadzimi sulthonik. Allahumma sholli wa sallim ala sayyidina muhammad, wa ala ali washohbihi ajma'in.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang lagi Maha Kuasa

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu atas nikmat tak terhingga yang Engkau berikan kepada bangsa kami. Atas ridho dan kuasa-Mu, Engkau bebaskan bangsa dan negara kami dari belenggu penjajahan yang menyiksa.

Atas segala rahmat dan karuniaMu, kami bisa berkumpul di tempat mulia ini untuk menyambut peringatan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke- 78 tahun 2023.

Ya Allah, Ya Tuhan Kami

Bersama semangat Proklamasi 1945, berikanlah kepada kami petunjuk agar dapat selalu memperkokoh persatuan dan kebersamaan, demi mewujudkan bangsa Indonesia yang aman, nyaman dan sejahtera.

Perjuangan bangsa kami belum selesai. Maka dari itu, hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan segala marabahaya.

Jauhkanlah bangsa kami dari segala bentuk perpecahan dan permusuhan, serta teguhkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa menjadi lebih baik. Dan tentunya atas izinMu, semua akan berjalan dengan baik.

Robbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhirati Hasanah Waqina Adzabannar. Aamiin ya rabbal aalamin.

2. Contoh Doa Tirakatan 17 Agustus II

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirobbil 'alamin Washolatu Wassalamu Ala Asrofil Anbiyai Wal Mursalin Sayyidina Muhammadin Waala Alihi Wasohbihi Ajmain

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa

Pada momen ini, kami masyarakat Indonesia berkumpul dan memuji kebesaran-Mu, serta memanjatkan doa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah Engkau anugerahkan kepada bangsa kami yang telah genap berusia 78 tahun.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karuniamu, bangsa Indonesia bisa lepas dari belenggu penjajah. Namun, perjuangan bangsa kita belum selesai. Maka, berilah kemampuan kepada kami agar mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

Hindarkanlah bangsa dan negara kami dari marabahaya. Jauhkanlah warga masyarakat kami dari api permusuhan dan perpecahan.

Jadikanlah generasi penerus bangsa kami sebagai warga yang penuh Iman dan Taqwa, serta menjadi generasi yang hormat menghargai jasa para pahlawan. Jadikanlah mereka agar bisa membawa bangsa dan negara kami menuju kemakmuran dan keadilan yang telah lama dicita-citakan.

Robbana Atina Fiddunya Hasanah Wafil Akhirati Hasanah Waqina Adzabannar. Aamiin ya rabbal aalamin.

3. Contoh Doa Tirakatan 17 Agustus III

Alhamdulillahirobbil 'alamin Washolatu Wassalamu Ala Asrofil Anbiyai Wal Mursalin Sayyidina Muhammadin Waala Alihi Wasohbihi Ajmain

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, kami bersyukur atas segala karunia yang Engkau berikan kepada kami.

Pada momen ini, kami berdoa kepada-Mu, ya Allah, dalam rangka malam Tirakatan 17 Agustus.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)