Doa untuk Orang Meninggal Perempuan Lengkap dengan Arab, Latin dan Arti

Selasa, 29 Agustus 2023 - 16:15 WIB
loading...
Doa untuk Orang Meninggal Perempuan Lengkap dengan Arab, Latin dan Arti
Doa untuk orang meninggal perempuan ini perlu diketahui oleh setiap umat muslim, sebab dalam tuntunan Rasulullah SAW memang terdapat perbedaan lafadz antara untuk laki-laki dan perempuan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa untuk orang meninggal perempuan ini perlu diketahui oleh setiap umat muslim, sebab dalam tuntunan Rasulullah SAW memang terdapat perbedaan lafadz antara untuk laki-laki dan perempuan.

Sebagai seorang muslim adalah sunnah untuk mendoakan setiap orang yang telah meninggal, baik itu memiliki hubungan darah atau tidak.

Doa untuk Orang Meninggal Perempuan

Pada umumnya doa untuk orang yang meninggal ini bisa diucapkan menggunakan bahasa Indonesia, dengan mendoakan supaya amal ibadah orang yang meninggal diterima di sisi Allah SWT dan disediakan tempat terbaik di akhirat nanti.

Namun alangkah baiknya bila doa untuk orang meninggal ini dibacakan sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Berikut ini doa orang meninggal perempuan lengkap dengan arab, latin dan artinya.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالتَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقَّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجُنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَاب الْقَبْرِ


Allahummaghfir lahaa, warhamhaa, wa 'aafihaa, wa'fu 'an-haa. Wa akrim nuzulahaa, wa wassi' madkhalahaa, waghsilhaa bil maa-I wats tsalji wal baradi. Wa naqqihaa minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadha minad danasi. Wa abdilhu daaran khairan min daarihaa. Wa ahlan khairan min ahlihaa. Wa zaujan khairan min zaujihaa. Wa adkhlhaljannah, wa a'idzhaa min 'adzaabil qabri

Artinya : "Ya Allah, ampunilah ia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga). Luaskan kuburannya, serta mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka." (HR Muslim)

Ada juga versi pendek dari doa untuk orang meninggal perempuan, yakni sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَ وَارْحَمْهَ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهَ


allahummaghfirlaha warhamha wa'aafihi wa'fu'anha.

Artinya : "Ya Allah, ampunilah ia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga)."

Dalam riwayat lain ada pula yang menyebutkan bahwa doa untuk orang meninggal berjenis kelamin perempuan adalah sebagai berikut :

اللّهُمَّ اجْعَلَهَا فَرَطًا لِاَبَوَيهَا وَسَلَفًا وَذُخْرًا وَعِظَةً وَاعْتِبَارًا وَشَفِيعًا وَثَقِل بِهَا مَوَازِينَهُمَا وَافرغ الصَّبرَ عَلى قُلُوبِهِمَا وَلَا تَفتِنهُمَا بَعدَهَا وَلَا تَحرِمهُمَا أَجرَهَا


Allaahummaj'alhaa farathal li abawaihaa wa salafan wa dzukhran wa 'izhatan wa'tibaaran wa syafii'an wa tsaqqil bihaa mawaaziina humaa wa afrighish shabra 'alaa quluubihimaa walaa taftinhumaa ba'dahaa wa laa tahrimhumaa ajrahaa

Artinya: "Wahai Allah! Jadikanlah dia sebagai simpanan pendahuluan bagi kedua orang tuanya, titipan, pelajaran (nasihat), contoh, penolong, dan beratkanlah, karena dia, timbangan kedua orang tuanya, curahkanlah kesabaran di hati mereka berdua, janganlah kau jadikan fitnah bagi mereka berdua setelah kematiannya, janganlah kau cegah pahalanya bagi mereka berdua."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)