Mendapat Siksa Kubur Gara-Gara Air Kencing, Begini Penjelasannya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 05:45 WIB
loading...
Mendapat Siksa Kubur Gara-Gara Air Kencing, Begini Penjelasannya
Menghindari siksa kubur dengan membersihkan diri dan bersuci dengan sempurna dari kencing. Ilustrasi: Ist
A A A
Di antara yang bisa menjadi sebab seseorang terselamatkan dari siksa kubur adalah membersihkan diri dan bersuci dengan sempurna dari kencing saat selesai buang air kecil.

Dalam shahih al-Bukhari , dan Muslim disebutkan sebuah hadis dari Ibnu Abbas ra bahwa Nabi SAW melewati dua kuburan lalu Beliau SAW bersabda:

إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَنْزِهُ مِنْ بَوْلِهِ، وَأَمَّا الْآخَرُ فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ

Sungguh keduanya sedang diazab dan mereka berdua diazab bukan karena suatu yang besar. Salah seorang di antara mereka tidak menjaga diri dari air kencing dan sedangkan yang satu lagi dia pernah berjalan menebar namimah atau menebar keburukan orang lain untuk mengadu domba. (HR Bukhari).



Dalam hadis yang lain diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda:

اسْتَنْزِهُوامِنْ الْبَوْلِ فَإِنَّ عَامَّةَ عَذَابِ الْقَبْرِ مِنْ الْبَوْلِ

Sucikanlah diri kalian dari air kencing, karena kebanyakan siksa kubur itu disebabkan oleh air kencing

Sementara itu, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin dalam kitab "Fatawa Nur alad dharb" juga menjelaskan di antara yang bisa menyelematkan seseorang dari siksa kubur adalah semakin sering memohon kepada Allah agar dilindungi dari azab kubur.

"Oleh karena itu, nabi kita Muhammad SAW menyuruh kita untuk memohon perlindungan kepada Allah Taala dari empat hal saat kita duduk tasyahhud dalam salat," katanya.

Kita dianjurkan untuk mengucapkan doa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَات

Wahai Allah! Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari azab neraka jahannam;Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari azab kubur; Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari fitnah Dajjal dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari fitnah dalam kehidupan dunia dan fitnah setelah kematian (datang).

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2336 seconds (0.1#10.140)