Mengenal 8 Keutamaan Surat Al-Fatihah, Salah Satunya Pembuka Pintu Langit

Senin, 04 September 2023 - 18:40 WIB
loading...
Mengenal 8 Keutamaan Surat Al-Fatihah, Salah Satunya Pembuka Pintu Langit
Surat Al Fatihah memiliki banyak keutamaan dan juga namanya, surat pembuka di Al-Quran ini disebut juga seperti Ummul Qur’an, Al Hamdu, Asy Syifa, Asasul Qur’an, As Sab’ul Masani, dan lain sebagainya. Foto: Istimewa
A A A
Ada banyak keutamaan surat Al-Fatihah yang bisa diketahui umat Muslim. Salah satunya adalah menjadi pembuka pintu langit. Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al Quran. Terdiri atas tujuh ayat, Al-Fatihah adalah surat yang sangat istimewa karena statusnya sebagai pembuka kitab suci Al Quran.

Secara bahasa, Al-Fatihah memiliki arti pembukaan. Surat ini diturunkan di Makkah dan termasuk golongan Makkiyah. Tak lepas dari statusnya itu, Surat Al-Fatihah memiliki beragam keutamaan yang bisa diketahui. Berikut beberapa di antaranya yang dapat disimak.

Keutamaan Surat Al-Fatihah

1. Penyembuh Penyakit

Surat Al-Fatihah memiliki sebuah keutamaan berupa menyembuhkan penyakit, tentunya atas izin Allah SWT. Hal ini pernah diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Sa'id Al Khudri RA.

Nabi SAW bersabda: Ada sekelompok sahabat berada dalam perjalanan safar, lalu melewati sebuah kampung Arab. Kala itu, mereka meminta untuk dijamu, namun penduduk kampung enggan untuk menjamu.

Penduduk kampung itu lantas berkata kepada para sahabat yang mampir: "Apakah di antara kalian ada yang bisa meruqyah karena pembesar kampung tersengat binatang dan terserang demam?". Di antara para sahabat lantas berkata, "Iya ada." Lalu ia pun mendatangi pembesar kampung dan meruqyahnya dengan membaca Surah Al-Fatihah. Maka pembesar kampung itu pun sembuh. Surat Al Fatihah [un dikenal sebagai surat penyembuh.

2. Syarat Sah Salat

Surat Al-Fatihah adalah syarat sah ibadah salat. Termasuk salah satu rukun salat, maka setiap Muslim wajib membacanya sesuai urutan.

Pada sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda: "Tidak (sah) salat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (Al-Fatihah)."

3. Surat Paling Agung dalam Al Quran

Al-Fatihah merupakan induk dari segala surat di dalam Alqur'an ('Ummul Kitab). Keagungan surah Al-Fatihah ini pernah disebutkan dalam sebuah hadis shahih yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi.

Rasulullah SAW bersabda: "...Maukah aku ajarkan kepadamu satu surat yang tidak diturunkan di Taurat, Injil dan Zabur, dan dalam Al Qur'an juga tidak ada yang sepertinya?" Ubay menjawab: "Tentu, wahai Rasulullah." Rasulullah SAW bersabda: "Bagaimana kamu membaca saat sholat?" Perawi berkata: "Maka Ubay membaca ummul Qur'an (Al Fatihah). Rasulullah bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada ditanganNya, tidaklah diturunkan di Taurat, Injil, Zabur dan dalam Al Qur'an seperti itu, sesungguhnya ia adalah tujuh (ayat) yang diulang-ulang dan Al Qur'an yang agung yang diberikan padaku." Abu Isa berkata: Hadits ini hasan shahih. Hadis serupa juga disampaikan dari Anas bin Malik dan Abu Sa'id bin Al Mu'alla.

4. Pengabul Hajat

Keutamaan surat Al-Fatihah berikutnya adalah sebagai pengabul hajat. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah berfirman: "Aku membagi Al-Fatihah, antara Aku dan hamba-Ku dua bagian. Hamba-Ku berhak atas apa yang dimintanya.”

Ketika seorang hamba membaca 'alhamdulillahi rabbil 'alamin, maka Allah berfirman, "hamba-Ku memuji-Ku. Ketika dia mengucapkan arrahmanirrahim." Allah berfirman, "hamba-Ku memujiku. Ketika dia mengucapkan "Maliki yaumid din," Allah berfirman, hamba-Ku mengagungkan-Ku, dan mengatakan hamba-Ku pasrah kepada-Ku. Ketika dia mengucapkan "iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in," Allah berfirman, ini antara Aku dan hamba-Ku, baginya apa yang dia minta. Saat dia mengucapkan "ihdinas shiratal Mustaqim, shiratalladzina an'amta 'alaihim ghairil maghduubi 'alaihim waladh dhallin," Allah berfirman, "ini untuk hamba-Ku dan baginya apa yang dia minta." (HR. Muslim).

5. Surat Rukyah

Said al Khudri bercerita: “Kami pernah berada dalam perjalanan, lalu kemudian singgah hingga tiba-tiba datanglah seorang budak perempuan. Ia berkata ‘Kepala suku kami tersengat binatang sedang orang-orang kami tak ada di tempat. Adakah di antara kalian yang bisa meruqyah?’

Lalu seorang dari mereka berdiri dan pergi. Awalnya, mereka tak menyangka bahwa orang yang berdiri bisa meruqyah. Orang itu pun lalu membacakan rukyah hingga kepala suku dari budak perempuan itu pun sembuh. Kepala suku pun memberikan ia tiga puluh ekor kambing, sementara mereka diberikan susu. Setelah kembali, orang itu pun ditanya oleh teman-temannya, lalu ia menjawab “Tak ada yang kubaca dalam rukyah selain Ummul Kitab”

Setibanya mereka di Madinah, mereka pun mengadu kepada Rasulullah SAW. Dari sana, Rasulullah SAW bersabda, “Bagaimana bisa dia tahu Al Fatihah merupakan rukyah? Bagi-bagilah kambing itu dan berikan kepadaku satu” (HR Al Bukhari dan Muslim).

6. Pembuka Pintu Langit

Imam Muslim di dalam kitab Sahih-nya dan Imam Nasai di dalam kitab Sunan-nya telah meriwayatkan dari hadis Abul Ahwas Salam ibnu Salim, dari Amman ibnu Zuraiq, dari Abdullah ibnu Isa ibnu Abdurrahman ibnu Abu Laila, dari Sa'id ibnu Jubair. Dari Ibnu Abbas yang menceritakan, "Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW yang saat itu bersama Malaikat Jibril, tiba-tiba Jibril mendengar suara gemuruh di atasnya, lalu Jibril mengangkat pandangannya ke langit dan berkata, 'Ini adalah suara pintu langit dibuka, pintu ini sama sekali belum pernah dibuka.' Lalu turunlah seorang malaikat dan langsung datang kepada Nabi Saw., kemudian berkata: "Bergembiralah dengan dua cahaya yang telah diberikan kepadamu, tiada seorang nabi pun sebelummu yang pernah diberi keduanya, yaitu Fatihatul Kitab dan ayat-ayat terakhir dari surat Al-Baqarah. Tidak sekali-kali kamu membaca suatu huruf darinya melainkan pasti kamu diberi pahalanya.”

7. Doa bagi Orang yang Meninggal Dunia

Surah Al Fatihah juga bisa menjadi doa untuk orang yang sudah meninggal dunia.

Dari Ibnu Umar mengatakan, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Ketika salah satu kalian ada yang mati maka janganlah kalian menahannya, segeralah kalian membawanya ke makam dan bacakanlah Al Fatihah di samping kepalanya". (HR. Al Baihaqi).

8. Memiliki Banyak Nama Lain

Tak hanya dikenal sebagai Al-Fatihah, surat ini juga memiliki sejumlah nama lain. Di antaranya seperti Ummul Kitab atau Fatihatul Kitab.

Selain itu, ada juga nama seperti Ummul Qur’an, Al Hamdu, Asy Syifa, Asasul Qur’an, As Sab’ul Masani, dan lain sebagainya.

Itulah sejumlah keutamaan surat Al-Fatihah yang bisa diketahui umat Muslim. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)