Inilah Bentuk Keteladanan Orang Tua bagi Anak-anak Zaman Now

Kamis, 07 September 2023 - 17:29 WIB
loading...
Inilah Bentuk Keteladanan Orang Tua bagi Anak-anak Zaman Now
Landasan penting yang harus dipahami oleh setiap orang tua, yakni hendaknya mereka memiliki rasa takut terhadap masa depan keturunannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam konsep pendidikan Islam , orang tua teladan hendaknya memiliki rasa takut kepada Allah jika meninggalkan anak-anaknya dalam kondisi lemah dan jauh dari rahmat Rabbnya.

Allah Ta’ala berfirman :

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا


“Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.” (QS An-Nisa :9)

Ayat di atas menunjukkan landasan penting yang harus dipahami oleh orang tua, yakni hendaknya orang tua memiliki rasa takut terhadap masa depan keturunannya. Yaitu rasa takut yang membuatnya senantiasa berhati-hati, mawas diri, menambah ilmu, dan memperhatikan pendidikan, teman, serta pergaulan anak-anaknya.

Menurut Ustadz Amir Sahidin, M.Ag, dai yang juga pengajar PPTQ Ibnu Mas’ud, Purbalingga, pada ayat di atas pula terdapat dua hal penting yang harus dimiliki oleh orang tua teladan dalam mendidik anak-anaknya, yaitu keteladanan takwa dan perkataan yang benar (jujur). Kedua hal ini merupakan keteladanan penting untuk diajarkan dan ditanamkan pada diri anak. Adapun penjelasan ringkasnya adalah sebagai berikut.

1. Orang Tua Teladan harus Bertakwa

Hendaknya orang tua senantiasa bertakwa semampunya kapan pun dan di mana pun ia berada, kemudian menanamkan takwa tersebut kepada anak-anaknya. Orangtua harus paham bahwa takwa akan menghantarkan anak-anaknya menuju derajat yang tinggi, baik di dunia, terlebih di akhirat.

Takwa sendiri merupakan kata yang singkat, namun mengandung makna yang sangat luas. Makna-makna tersebut merujuk pada satu konsep, yaitu melaksanakan semua perintah Allah Ta’ala dan menjauhi seluruh larangan-Nya.

Sehingga hamba yang bertakwa adalah mereka yang menjauhi seluruh larangan-larangan Allah dan sekuat tenaga menjalankan perintah-perintah-Nya.

Terkait dengan makna takwa yang sebenarnya, Ali bin Abi Thalib radhiyalllahu ‘anhu pernah menerangkan dengan ungkapannya,

الخَوْفُ مِنَ الْجَلِيْلِ، وَالْعَمَلُ بِالتَّنْزِيْلِ، وَالْقَنَاعَةُ بِالْقَلِيْلِ، وَالْاِسْتِعْدَادُ لِيَوْمِ الرَّحِيْلِ


“Takut kepada Allah Yang Mahamulia, mengamalkan dengan apa yang diturunkan yakni al-Quran dan as-sunah, merasa cukup dengan yang sedikit, dan mempersiapkan diri untuk hari perjalanan.” (Muhammad bin Yusuf asy-Syami, Subul al-Huda wa ar-Rasyad, 1/142).

2. Orang Tua Teladan harus Jujur

Hendaknya orangtua selalu mengucapkan perkataan yang benar dan jujur kepada anak-anaknya. Yaitu jujur baik secara hati, lisan, maupun perbuatan. Kemudian menanamkan akhlak mulia tersebut kepada anak-anak mereka.

Kejujuran merupakan salah satu pokok akhlak mulia dan adab yang harus senantiasa ditanamkan pada diri seorang anak. Bahkan menanamkan akhlak mulia dan adab lebih diutamakan daripada suatu ilmu tertentu.

Sebagaimana ungkapan para ulama ketika menafsirkan firman Allah dalam surat at-Tahrim ayat 6, “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” Ulama dari kalangan sahabat seperti Ali bin Abi Thalib mengatakan “Didiklah mereka dengan adab dan ajarkan mereka dengan ilmu.” (Ibnu Katsir, Tafsir al-Qur’an al-’Adzim, 8/167).

Kemudian Umar bin al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu pun pernah menguatkan makna tafsiran tersebut dengan ungkapannya, “Taaddabu tsumma ta’allamu” yang artinya adalah pelajarilah adab, kemudian pelajarilah ilmu. (Abdul Qadir al-Jilani, al-Ghunyah li Thalibi Thariq al-Haq, hlm. 54).

Dengan demikian, dapat kita tarik kesimpulan bahwa tanggung jawab pendidikan anak itu sebenarnya berada di pundak orangtua. Sehingga para orangtua yang harus pertama kali mengoreksi diri jika terjadi kerusakan pada anak-anaknya.

Kemudian al-Quran telah memberikan landasan dan prinsip pokok orangtua teladan yang dapat melahirkan generasi terbaik, yaitu hendaknya orangtua memiliki rasa takut kepada Allah dan memberikan keteladanan yang baik berupa ketakwaan dan kejujuran.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2389 seconds (0.1#10.140)