Memakai Pakaian Ada Doanya Lho! Ini Fadhilahnya

Selasa, 12 September 2023 - 19:17 WIB
loading...
Memakai Pakaian Ada Doanya Lho! Ini Fadhilahnya
Fadhilah berdoa ketika memakai pakaian, maka akan diampuni dosanya yang lalu dan akan datang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Memakai pakaian ternyata ada doanya. Tak cuma sekadar berdoa, di dalamnya terdapat hikmah dan keutamaan. Rasulullah ﷺ setiap hendak memakai pakaian baik gamis, sorban atau memakai rida' (semacam selendang), beliau selalu berdoa.

Berdoa sebelum memakai pakaian termasuk di antara adab dan sunnah yang diajarkan Rasulullah. Di dalamnya tentu terdapat hikmah dan fadhilah.

Keutamaan Berdoa Sebelum Memakai Pakaian
Disebutkan dalam riwayat Muadz bin Anas, Rasulullah ﷺ bersabda: "Siapa yang memakai pakaian kemudian berdoa: ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﻛَﺴَﺎﻧِﻰ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺜَّﻮْﺏَ ﻭَﺭَﺯَﻗَﻨِﻴﻪِ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ ﺣَﻮْﻝٍ ﻣِﻨِّﻰ ﻭَﻻَ ﻗُﻮَّﺓٍ', maka akan diampuni dosanya yang lalu dan akan datang." (HR Abu Dawud)

Dalam redaksi lain disebutkan: "Barangsiapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca, 'Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin. Segala puji bagi Allah yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku), (maka) Allah mengampuni dosanya yang telah lalu." (HR Ibnu as-Sani)

Doa Memakai Pakaian

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdulillaahil ladzii kasaanii Haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin.
Artinya: "Segala puji bagi Allah yang memberikanku pakaian ini dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku." (HR Abu Dawud)

Doa Memakai Pakaian Baru
Berikut bacaan doa ketika memakai pakaian baru. Semoga bermanfaat.

اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allahumma lakalhamdu Anta kasawtanih, as-Aluka khairahu wa khaira maa suni'a lahu, wa a'udzubika min syarrihi wa syarri ma suni'a lahu.

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu segala pujian yang Engkau berikan kepadaku pakaian ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan apapun yang dibuat untuknya, serta aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan pakaian ini dan kejelekan apapun yang dibuat untuknya."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)