Ini Mengapa Rasulullah SAW Memotivasi Umatnya Mendapatkan Surga Firdaus

Kamis, 14 September 2023 - 15:25 WIB
loading...
Ini Mengapa Rasulullah SAW Memotivasi Umatnya Mendapatkan Surga Firdaus
Surga Firdaus antara lain sebagai tempat bagi golongan orang yang salatnya selalu terpenuhi. Ilustrasi: Ist
A A A
Surga Firdaus adalah surga dengan tingkatan paling tinggi. Surga ini merupakan tempat bagi golongan orang yang salatnya selalu terpenuhi, jauh dari perbuatan sia-sia, rutin dalam membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, dan menepati janji.

Surga Firdaus disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Kahfi ayat 107 yang berbunyi.

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلْفِرْدَوْسِ نُزُلً

Innallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti kānat lahum jannātul-firdausi nuzulā.

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” ( QS Al-Kahfi : 107).



Dalam hadis dari Anas bin Malik ra, Nabi SAW bersabda:

الْفِرْدَوْسُ رَبْوَةُ الْجَنَّةِ وَأَوْسَطُهَا وَأَفْضَلُهَا

Firdaus adalah surga yang paling tinggi, yang paling bagus, dan yang paling afdhal. (HR Turmudzi 3174 dan dishahihkan al-Albani).

Nabi SAW memberikan memotivasi umatnya untuk berlomba mendapatkan Firdaus. Di antaranya dengan memohon kepada Allah untuk dimasukkan ke Surga Firdaus.

Dari Abu Hurairah ra , Nabi SAW bersabda:

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّهَا اللَّهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ مَا بَيْنَ الدَّرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ ، فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ وَأَعْلَى الْجَنَّةِ أُرَاهُ فَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ


Di surga itu terdapat seratus tingkatan, Allah menyediakannya untuk para mujahid di jalan Allah, jarak antara keduanya seperti antara langit dan bumi. Karena itu, jika kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus, karena sungguh dia adalah surga yang paling tengah dan paling tinggi. Di atasnya ada Arsy Sang Maha Pengasih, dan darinya sumber sungai-sungai surga.” (HR Bukhari 2790 & Ibnu Hibban 4611).



Lokasi semakin dekat dengan Al-Arsy adalah makin agung. Ibnul Qayim dalam al-Fawaid mengatakan, makhluk yang paling suci, paling tinggi, paling bercahaya, paling mulia, paling atas posisinya, dan paling luas adalah Arsy Allah ar-Rahman. Karena itulah, layak Dia beristiwa di atasnya. Dan semua yang lebih dekat dengan Arsy, maka dia lebih bercahaya, lebih suci, dan lebih mulia dibandingkan yang di bawahnya. Untuk itulah, surga Firdaus menjadi surga yang paling tinggi, paling mulia, paling bercahaya, dan paling agung, karena dia paling dekat dengan Arsy. Dan Arsy adalah atapnya.

Al-Mubarokfury dalam Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi, mengatakan ini menunjukkan bahwa Firdaus berada di atas semua tingkatan surga. Karena itu, Nabi SAW bersabda mengajarkan umatnya dan memperbesar harapan untuk mereka, “jika kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus”.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)