Bacaan Yasin Fadilah: Bahasa Arab, Latin dan Arti Bahasa Indonesia Lengkap

Selasa, 19 September 2023 - 12:16 WIB
loading...
Bacaan Yasin Fadilah: Bahasa Arab, Latin dan Arti Bahasa Indonesia Lengkap
Yasin Fadilah adalah bacaan Surat Yasin yang didalamnya ditambah dan dipadukan dengan beberapa doa-doa kebaikan. Siapa yang mengamalkan bacaan ini akan mendapat pahala layaknya membaca Surat Yasin seperti biasanya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Yasin Fadilah merupakan suatu bacaan yang bisa ditemui dengan mudah di buku dan kitab wirid yang ada di pasaran. Yasin Fadilah adalah bacaan surat Yasin ang didalamnya ditambah dan dipadukan dengan beberapa doa-doa kebaikan. Siapa yang mengamalkan bacaan ini akan mendapat pahala layaknya membaca Surat Yasin seperti biasanya.

Membaca Yasin Fadilah biasanya akan mengulang beberapa ayat Surat Yasin dan diselipi doa selain ayat dalam Al-Qur’an. Membaca doa dengan demikian ternyata pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

عن حُذَيْفَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صلّى الله عليه وسلّم كَانَ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ خَوْفٍ تَعَوَّذَ وَإِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ سَأَلَ


“Rasulullah jika membaca ayat tentang siksa maka beliau minta perlindungan kepada Allah, jika Rasulullah membaca ayat tentang rahmat maka beliau memintanya kepada Allah.” (HR Ahmad No 24012 dan Ibnu Khuzaimah No 684).

Selain itu, dalam sebuah hadits juga telah dijelaskan mengenai bacaan doa di sela-sela melantunkan ayat Al-Qur'an. Hadis tersebut berbunyi:

عن أَبِي هَرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صلّى الله عليه وسلّم كَانَ إِذَا قَرَأَ أَلَيْسَ ذَلِكَ بِقَادِرٍ عَلَى أَن يُحْيِيَ الْمَوْتَى قَالَ بَلَى وَإِذَا قَرَأَ أَلَيْسَ اللهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِيْنَ قَالَ بَلَى (رواه الحاكم رقم ٢٨٨٣ وقال هذا حديث صحيحاإسناد ولم يخرجاه تعليق الذهبي قي التلخيص : صحيح. وكذا أبو داود والترمذى وابن السنى فى عمل يوم وليلة والبيهقى عن أبي هريرة


“Jika Rasulullah membaca akhir Surat al-Qiyamat (ayat 40), Rasulullah menjawab: Balaa (Ya, Allah Maha Kuasa). Dan ketika beliau membaca akhir Surat at-Tiin, maka Rasulullah menjawab: Balaa, (dalam riwayat lain: wa ana ‘ala dzalika min asy-syaahidiin) (Ya, saya bersaksi)” (HR al-Hakim No 3882, ia menilainya sahih dan disetujui oleh adz-Dzahabi. Hadis yang sama juga diriwayatkan oleh Abu Dawud, Turmudzi, Ibnu Sunni, dan al-Baihaqi)

Adapun bacaan dari Yasin Fadilah yang umum dibacakan dan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi si pembaca adalah sebagai berikut.

Bacaan Yasin Fadilah Arab, Latin dan Terjemahannya

1.Ayat pertama dibaca 7 kali

يٰسٓ


“Yasin.”

2. Bagian dari ayat 38 dibaca sebanyak 14 kali

وَالشَّمۡسُ تَجۡرِىۡ لِمُسۡتَقَرٍّ لَّهَا ‌ؕ ذٰلِكَ تَقۡدِيۡرُ الۡعَزِيۡزِ الۡعَلِيۡمِؕ‏


“Wasysyamsyu tajrii limustaqorrillahaa dzaalika tqdiirul aziizil aliim.”

Artinya: Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan (Allah) Yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui. Pada ayat tersebut, bacaan ‘Dzaalikal taqidiirul ‘aziizil ‘aliim’ diulang sebanyak 14 kali.

3. Ayat 58 dibaca sebanyak 16 kali

سَلٰمٌ قَوۡلًا مِّنۡ رَّبٍّ رَّحِيۡمٍ


“Salaamung qoulamminrrabbirrakhiim.”

Artinya : (Kepada mereka dikatakan), “Salam,” sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.

Setelah dibaca sebanyak 16 kali, umat muslim bisa membaca doa berikut ini setelah ayat tersebut:

“Ya Allah selamatkan kami dari ujian di dunia dan di akhirat.” Kemudian, orang tersebut bisa melanjutkan membaca ayat ke 59 dan seterusnya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)